Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Shalat Istikharah langsung dapat petunjuk jodoh Arab Dan Latin

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Shalat Istikharah - Istikharah adalah minta petunjuk untuk menentukan baik atau buruknya segala sesuatu yang kita inginkan, misalkan kita ingin nmenentukan jodoh untuk pasangan hidup dalam keluarga, apakah orang ini baik, cocok buat kita atau tidak? itu karena semuanya milik Alloh maka kita tanyakan kepada yang memilikinya yaitu Alloh SWT dengan cara shalat istikharah.

Jadi shalat istikharah itu adalah minta petunjuk dalam menentukan segala apa yang kita inginkan dan ragukan baik secara dunia maupun akherat kepada Alloh SWT, biar kita mendapatkan jalan yang terbaik dan Alloh Ridlo kepada kita. Shalat istikharah dilaksanakan secara perorangan dengan jumlah 2 rakaat, dan waktu melaksanakannya tidak ditentukan boleh pada waktu siang maupun malam asalkan jangan pada waktu yang dilarang.

Adapun waktu yang tidak diperbolehkan melaksanakan shalat diantaranya:
1. Setelah shubuh sampai terbitnya matahari.
2. Setelah ‘Ashar sampai matahari menguning (hamper tenggelam).
3. Ketika matahari di tengah-tengah sampai bertegelincir (± 10 menit sebelum adzan)
4. Sejak terbitnya matahari sampai naik setinggi tombak (± 12 menit sebelum adzan)
5. Sejak menguningnya matahari sehingga benar-benar tenggelam.

Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Shalat Istikharah

Namun pada umumnya orang melaksanakan shalat istikharah itu pada malam hari karena suasana malam terasa dingin sehingga pikiran menjadi tenang hatipun terasa khusu maka melaksanakan shalat istikharah itu akan terasa khusu, begitu pula pada waktu malam ada yang dinamakan saatul ijabah (Waktu yang dimana Alloh akan lebih mengabulkannya doa kita) yaitu pada sepertiga malam terakhir sampai menjelang waktu shubuh.

Adapun tata cara pelansanaan shalat istikharah sama halnya seperti melaksanakan shalat-shalat biasa seperti sholat fardlu, sholat taubat tahajud dhuha dan yang lainnya namun beda dengan cara sholat jenazah. Dengan melaksanakan shalat istikharah banyak manfaat, fadhilah, dan keutamaan serta hikmah yang akan kita dapatkan, sesuai dengan hadits ” Jika Salah seorang diantara kalian berniat dlm suatu urusan maka lakukanlah Shalat Sunah dua Raka’at yg bukan Shalat Wajib, kemudian bedoalah meminta kepada Alloh SWT(HR. AL – Bukhari) ”.

Berikut Lafadz Niat Shalat Istikharah Bahasa Arab Lati Dan Artinya:

أُصَلِّي سُنَّةَ اْلإِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْن لِلَّهِ تَعَال


Tulisa Latin, "USHALLI SUNNATAL ISTIKHAARATI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA"

Artinya, “Aku Niat Shalat Sunnah Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

2. Pada rakaat pertama shalat istikharah, setelah surat al-Fatihah membaca surah al-Kafirun. Dan rakaat kedua setelah al-Fatihah membaca surat al-Ikhlas. Lalu membaca salam dan di lanjutkan membaca doa shalat istikharah.

Bacaan Doa Setelah Shalat Istkhara Arab Latin Lengkap Dengan Artinya:

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَخَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ.


ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA WA AS ALUKA MIN FADHLIKAL 'ADZHIIMI. FAINNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU WALAA A'LAMU WA ANTA 'AL-LAAMULGHUYUUBI. ALLOOHUMMA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO KHOIRUN LII FII DIINII WAMA'AASYII FAQDURHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI WA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO SYARRUN LII FII DIINII WA MA'AASYII WA 'AAQIBATI AMRII WA 'AAJILIHI FASHRIFHU 'ANNII WASHRIFNII 'ANHU WAQDURLIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMA RODH-DHINII BIHI.

Artinya : Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini ........ adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ......... menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya, maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu.


Demikian yang dapat kami sampaikan Tata cara niat dan bacaan doa setelah shalat istikharah arab latin dan artinya yang benar sesuai dengan anjuran Rosululloh SAW dan waktu keutamaan melaksanakan shalat istikharah, semoga dengan adanya artikel kami ini besar manfaatnya bagi kita semua dan kita diberikan petunjuk yang terbaik dalam menjalankan segala urusan baik dinia maupun akherat.

Advertisement