Bacaan Manfaat Doa Buka Niat Sahur Sunnah Puasa Senin Kamis

Bacaan Manfaat Doa Buka Niat Sahur Sunnah Puasa Senin Kamis - Setelah kita tau kedudukan bahwa melaksanakan puasa di hari senin dan kamis adalah sunnah yang bila mana di laksanakan akan mendapat fahala dan bila mana di tinggal tidak mendapatkan apa-apa, namun alangkah pentingnya bagi kita untuk melaksanakan puasa tersebut, karena mpuasa senin kamis memiliki banyak manfaat dan keutamaan setra keistimewaan untuk kehidupan kita supaya mendapatkan kebahagiaan dunia akherat sebagai man Rosul setiap hari senin dan kamis selalu melaksanakannya.

Puasa senin kamis termasuk dalam kata gori ibadah, sedangkan yang namanya ibadah untuk menentukan syah dan tidak syahnya bergantung pada niat. Jadi posisi niat pada ibadah untuk membedakan antara perbuatan adat dan ibadah, maka untuk itu kami di sini akan berbagi tata cara bacaan lafadz niat puasa senin kamis yang benar sesuai dengan tuntunan Rosululloh SAW, yang dinakan niat itu tempatnya di dalam hati bukan di mulut namun mengucapkan lafadz niat itu hukunya sunnat beda lagai dengan bacaan seperti bacaan sholat itu baru di bacakan menggunakan lisan/mulut..

Untuk masalah niat puasa senin kamis itu di bacakannya pada waktu malam sehabis melaksanakan sholat isya sampai menjelang waktu shubuh, namun kalau seandainya kita lupa pada waktu malamnya tidak berniat untuk berpuasa bisa juga kita berniat pada siang harinya sampai menjelang waktu dzuhur asalkan belum melaksanakan hal-hal yang membatalkan pada puasa kalau puasanya puasa sunnah, namun kalau puasa wajib seperti puasa ramadhan, puasa pengganti, puasa nadzar itu tidak syah tetap niat harus dilaksanakannya pada malam hari.

Bacaan Manfaat Doa Buka Niat Sahur Sunnah Puasa Senin Kamis

Dengan melaksanakan puasa senin kamis itu banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kesehatan tubuh maupun mental dan spiritual seperti, untuk peremajaan sel kulit, mengencangkan kulit, mengeluarkan racun dalam tubuh, memberikan istirahat untuk organ pencernaan, menurunkan kadar lemak, mempercantik kaum wanita secara alami, menenangkan jiwa dan perasaan, mampu mengendalikan hawa nafsu, lebih peka terhadap lingkungan sekitar, lebih banyak beramal, makanya Rosullulloh selalu melaksanakan puasa senin kamis.

Baiklah kita fahami dulu bacaan niat puasa senin kamis sebelum kita melaksanakannya, inilah tata cara bacaan lafadz niat dan doa puasa senin kamis dalam bahasa arab latin lengkap dengan artinya seperti di bawah ini:

Bacaan Arab Niat Puasa Sunah Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA

Artinya :Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.


Dan untuk bacaan niat puasa hari kamis, bacaannya adalah sebagai berikut:
Bacaan Arab Niat Puasa Sunah Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

Artinya :Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Dalil Hukum Puasa di Hari Senin Dan Kamis

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab,

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

“Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim no. 1162)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan ghorib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi yaitu shahih dilihat dari jalur lainnya).

Dalil Sunnah puasa di hari kamis Syekh Abu Zakariya Al-Anshori berikut ini dalam karyanya Fathul Wahhab.

وقال تعرض الأعمال يوم الاثنين والخميس فأحب أن يعرض عملي وأنا صائم رواهما الترمذي وغيره

Rasulullah SAW bersabda, “Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa.” HR Turmudzi dan selainnya.

Hadits Keutamaan Hari Senin dan Kamis Riwayat Abu Hurairah berikut:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

“Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim no. 2565).

Demikian yang dapat kami sampaikan Bacaan niat puasa senin kamis lengkap arab, latin dan artinya yang benar sesuai sunnah Rosululloh SAW, namun bukan hanya itu saja yang dapat kami sajikan masih banyak lagi seperti bacaan doa sholat dhuha, cara puasa senin kamis, manfaat puasa senin kamis untuk jodoh, manfaat puasa senin kamis untuk kesuksesan, puasa senin kamis tidak sahur, manfaat puasa senin kamis bagi wanita. manfaat puasa senin kamis menurut kejawen, bacaan niat puasa senin kamis, manfaat puasa senin kamis untuk kecantikan, niat sholat dhuha, puasa rajab, doa sholat tahajud, niat sholat taubat, sholat tasbih, sholat istikharah dan yang lainnya makany terus saja update disini. Semoga dengan adanya artikel kami ini ada manfaatnya bagi kita semua Amiiiin