Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Yang Benar

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Yang Benar - Sholat dhuha adalah merupakan sholat sunnah yang dilaksanakannya pada siang hari setelah terbentangnya matahari dengan ukuran kurang lebih 15 menit dari terbitnya matahari sampai dengan waktu jawwal (tergelincirnya matahari) atau 15 menit sebelum memasuki waktu dzuhur. Nah perlu kita fahami ada tiga waktu yang tidak boleh melaksanakan Sholat sehari semalam, sebagai mana Rosullilloh SAW bersabda yang artinya:

Dari Uqbah bin Amir: “Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang sholat pada tiga saat: (1) ketika saat terbitnya matahari sampai tinggi, (2) ketika hampir Zuhur sampai tergelincir matahari, (3) ketika matahari hampir terbenam.” [HR. Bukhari] dan pada hadist yang lainnya: Dari Ibnu Umar berkata: “Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Apabila sinar matahari terbit maka akhirkanlah (jangan melakukan) sholat hingga matahari tinggi. Dan apabila sinar matahari terbenam, maka akhirkanlah (jangan melakukan) sholat hingga matahari terbenam”. [HR. Bukhari]

Maka dengan itu waspadalah ketika kita akan melaksanakan sholat jangan sampai pada waktu yang dilarang seperti yang di atas tadi. Waktu sholat dhuha sebenarnya itu sangat efesiensi baik untuk pegawai, tukang buruh petani, dan yang lainnya sebab bisa kita laksanakan doa sholat duha sebelum beraktifitas dengan harapan aktifitas kita ini mendapatkan fadhilah, keberkaha, keutamaan dan hikmah serta keistimewaan yang dapat kita raih dari Alloh SWT sesuai dengan janji-NYA.

Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Adapun jumlah rakaat sholat dhuha itu minimal 2 rakaat dengan satu kali salam sampai 12 rakaat dengan cara bisa 2 rakaat satu kali salam dan bisa juga 4 rakaat dalam satu kali salam karena sholat dhuha dikerjakannya pada siang hari, berbeda dengan sholat sunnah yang di kerjakannya pada malam hari seperti sholat tahajud itu tidak boleh dilaksanakan 4 rakat dalam satu kali salam. itu perbedaan antara sholat sunnah siang dan malam.

Untuk tata cara pelaksanaan sholat dhuha itu sama saja seperti sholat fardhu dan sholat sunnah lainnya hanyalah yang membedakan antara sholat dengan sholat adala pada bacaan niatnya saja, terkecuali pada sholat gerhana baik gerhana bulan atau matahari karena sholat gerhana dalam satu kali rakaat memiliki 2 kali ruku. setelaha selesai melaksanakan sholat dhuha alangkaah baiknya kita berdoa dengan bacan doa yang khusus dibacakan setelah sholat dhuha.

Untuk supaya lebih jelasnya tata cara atau panduan sholat dhuda dari mulai bacaan niat dan tata caranya serta bacaan doanya kami di sini telah menyajikan artikel dengan tema, Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha 2 nrakaat, 4 rakaat lengkap dengan bahasa arab, latin dan artinya seperti di bawah ini:

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحَى رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى


USHOLLI SUNNATADH DHUHAA ROK'ATAINI LILLAAHI TA'AALA

Artinya :Aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat, karena Allah Ta'ala


1. Niat diucapkan didalam hati dengan bersamaann pada saat takbiratul ihram,
2. Setelah berniat selanjutnya membaca doa iftitah
3. Kemudian membaca surat fatihah
4. Setelah fatiha sunnah membaca surat apa saja yang kita faham dari al qur'an selain surah fatihah tadi, namun di rakaat pertama sebaiknya membaca surah Asy-Syam dan untuk di rakaat kedua sebaiknya dibaca surat AL-lail.
5. Lalu ruku’ sambil membacakann tasbih sebanyak tiga kali
6. Kemudian i’tidal dengann membaca bacaan i’tidal.
7. Setelah itu sujud pertama dengan membaca bacaan sujud 3 kali
8. Kemudian duduklah diantara dua suju sambil membacakan bacaan duduk shalat.
9. Melaksanakan sujud kedua, sama halnya seperti sujud pertama.
10. Setelah rakaat pertama telah diselesaikan, maka lakukanlah rakaat kedua dengan cara yang sama seperti diatas, kemudian pada Tasyahhud akhir sampai bacaan terakhirnya kemudian membaca salam. begitula pada rakaat-rakaat berikutnya sampai yang 12 rakaat. Dan setelah selesai melaksanakan sholat dhuha lang sung berdoa dengan bacaan doa setelah sholat dhuha sebagai berikut:

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Arab Latin Lengkap Dengan Artinya

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ


ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Artinya : “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang tata cara niat dan bacaan doa sholat dhuha yang benar lengkap dengan bahasa arab latin dan artinya, semoga dengan danya artikel kami ini besar manfatnya bagi kita semua sehingga kita dapat melaksanakan sholat dhuha dengan sempurna dan mendapatkan bimbingan hidayah taufiq dari Alloh SWT, sekian dan terima kasih,. Wassalaaam

Advertisement