Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha Pelaku Zina

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha Paling Lengkap - Sholat taubat adalah merupakan sholat sunnat yang semestinya harus dilaksanakan setiap kali kita berbuat maksiat(dosa) sedangkan perbuatan dosa itu sama halnya dengan menjauhkan diri kita kepada Alloh SWT. maka segeralah kita bertaubat dengan teubat nasuha, karena taubat secara bahasa adalah kembali, sedangkan secara istilah artinya kembali kepada Allah yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang.

Dengan bertaubat kita akan dihapus dan diampuni oleh Alloh SWT segala dosa yang telah kita perbuat baik dosa yang behubungan dengan makhuq (hablum minannas) maupun dosa yang langsung kepada Alloh (Hablu minalloh) walaupun dosa sebesar apapun asalkan kita optimis kepada Alloh SWT akan mengampuninya. maka segeralah kita bertaubat dengan cara sholat taubat sebelum azal menjemput kita.

Dengan demikian Alloh maha pengasih tanpa pilih kasih, maha penyayang tanpa kasih sayang kepada hambanya, ketika hambanya berbuat dosa kecil maupun besar seperti zina, membunuh, maling, dan yang lainnya, tetap Alloh Akan mengampuninya. Maka hukum bertaubat itu adalah wajib bagi kita semua sehingga orang yang tidak mau bertaubat maka akan celakalah mereka itu.

Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha Paling Lengkap

Hal ini dikuatkan pula pada ayat dalam Al Qur’an, Allah Ta’ala berfirman,

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ


“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az Zumar: 53).

Dan dalam ayat lain Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا


“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya).” (QS. At Tahrim: 8)

Maka untuk itu segeralah kita bertaubat dengan cara mengerjakan sholat taubat adapun tata cara niat dan bacaan doa setelah sholat taubat nasuha yang benar sesuai sunnah Rosululloh SAW, serta waktu untuk melaksanakan sholat taubat akan kami sajika dalam artikel ini, namun pertama sebelum kita bertaubat harus memenuhi dulu syarat-syarat taubat diantaranya:

1. Menyesali segala kesalahan (dosa)yang telah kita perbuat dibuat
2. Meninggalkan perkara-perkara yang mendatangkan dosa
3. Berazam bersungguh-sungguh untuk tidak mengulangi perkara-perkara yang mendatangkan dosa
4. kalau dosanya berhubungan dengan manusia meminta maaf atau meminta redha (halal) kepada orang yang kita telah berbuat dosa terhadapnya atau bayar semula ganti rugi atau pulangkan barang yang telah diambil.Dosa dosa sesama manusia ini kalau hendak disebutkan terlalu banyak.
5. memperbanyak beristighfar minta ampunan kepada Alloh SWT.

Waktu untuk melaksanakan sholat taubat itu bisa kapan saja siang mapun malam asalkan janga pada waktu yang di haramkan seperti:

1. Pada saat matahari sedang terbit
2. Pada saat matahari tepat berada di tengah-tengah
3. Pada saat matahari tenggelam
4. Setelah salat subuh
5. Setelah salat asar

Tata Cara Sholat Taubat.
Untuk pelaksanaan sholat taubat di laksanakan secara perorangan tidak di berjamaahkan sebanyak minimal 2 rakaat maksimal 6 rakaat dan cara pelaksanaannya tidak ada bedanya denga melaksanakan sholat-sholat biasa hanya beda pasda bacaan niatnya sanja.Untuk hal yang berkaitan bacaan shalat taubat maka dianjurkan :

pada rakaat pertama : Membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Kafirun,
rakaat kedua: membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Ikhlas.

Lafadz Niat Sholat taubat arab latin dan artinya:

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى


Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Arab Latin Lengakap Dengan Artinya:



Alloohumma innii astaghfiruka min kulli dzambin tubtu ilaika minhu tsumma 'udtu fiih, wa astaghfiruka minkulli maa wa'adtuka bihii minnafsii tsumma lam uufi laka bih, wa astaghfiruka minkulli 'amalin arodtu bihii wajhakal kariimi fakhoolathohuu ghoiruk, wa astaghfiruka min kulli ni'matin an'amta bihaa 'alayya fasta'antu bihaa 'alaa ma'shiyatik, wa astaghfiruka yaa 'aalimal ghoibi wasysyahaadati minkulli dzambin ataituhuu fii dhiyaain nahaari wasawaadillaili fii mala-in wakhola-in wasirrin wa'alaa niyatin yaa haliim.

Artinya: Ya Allah, aku memohon ampun kepada-Mu dari semua dosa yang telah aku pintakan tobatnya kepada-Mu tapi aku mengulangi kembali melakukannya; dan aku memohon ampun kepada-Mu dari semua janji yang telah kuikrarkan kepada-Mu tetapi tidak kutepati; dan aku memohon ampun kepada-Mu dari semua amal yang semula kuperuntukkan bagi-Mu Yang Mulia tetapi lalu dicampuri oleh selain-Mu; dan aku memohon ampun kepada-Mu dari semua nikmat yang telah Engkau curahkan kepadaku lalu aku pergunakan untuk berdurhaka kepada-Mu; dan aku memohon ampun kepada-Mu ya Allah Yang Maha Mengetahui segala yang ghaib dan yang nyata dari semua dosa yang telah kuperbuat disiang hari ataupun di kegelapan malam, ditempat ramai atau di tempat sunyi, secara tersembunyi atau terang-terangan, wahai Dzat Yang Maha Penyantun.


Washollalloohu 'alaa sayyidinaa muhammadiw wa'alaa aalihii washohbihii wasallam, walhamdu lillaahi robbil 'aalamiin.

Artinya: Semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Demikian yang dapat kami sampaikan Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha Paling Lengkap yang benar, begitu juga kami sajikan pada artikel berikutnya niat sholat dhuha, doa sholat dhuha, sholat hajat, sholat istikharah niat puasa senin kamis, tata cara sholat tahajud lengkap dengan doanya dan masih banyak lagi yang lainnya. semoga dengan adanya artikel kami ini ada manfaatnya bagi kita semua dan kita bisa lebih meningkatkan dalam melaksanakan ibadah kepada Alloh SWT. Amiiiin

Advertisement