Bacaan Doa Qunut Nazilah Pendek Subuh Latin Untuk Imam Artinya

Bacaan Doa Qunut Nazilah Pendek Subuh Latin Untuk Imam Artinya - Membaca doa qunut dalam sholat shubuh wajib atau sunnah juga dalam sholat tarawih nazilah, maka untuk itu kami disini akan sedikit memberikan pengertian tentang manfaat dan sejarah juga kumpulan teks tulisan macam-macam bacaan lafadz doa qunut sendirian atau ketika menjadi imam sesuai sunnah panjang pendek yang benar lengkap dengan artinya dan tata cara pengganti doa qunut bila mana kita lupa untuk membacanya.

Doa qunut adalah merupakan amalan sunat yang dibacakan dalam sholat waktu i'tidal rakaat terakhir terutama pada sholat subuh karena dalam melaksanakan sholat itu ada yang sifatnya wajib seperti melaksanakan rukun yang 17 ada yang sifatnya sunat seperti membaca doa iftitah baca surat-surat pendek, membaca tasbih ketika ruku dan sujud, baca doa qunut dan masih banyak lagi yang lainnya.

Begitu juga ada yang sifatnya mubah seperti membaca doa iftitah setelah terdahului dengan kalimat yang lainnya bahkan ada juga yang sifatnya haram seperti memdahului Imam dalam rukun pa'li (pekerjaan) misalkan mendahului imam dalam ruku, i'tidal, sujud tapi kalau terus menerus mendahuluinya lebih dua kali itu sholatnya batal bagi si ma'mum.

Bacaan Doa Qunut Nazilah Pendek Subuh Latin Untuk Imam Artinya

Nah disini kami akan menjelaskan hukum membaca doa qunut dan sekaligus memberikan teks lafadz doa qunut sholat subuh, adapun kedudukan membaca doa qunut itu hukum sunat ab'ad yang bila mana tidak dilaksanakan nantinya harus di ganti dengan melaksanakan sujud sahwi begitu juga dalam sholat witir setengah bulan terakhir pada bulan ramadhan.

DASAR HUKUMNYA MEMBACA DOA QUNUT

Kedudukan hukum membaca doa qunut pada raka’at kedua shalat Shubuh. Menurut pengikut Imam Abu Hanifah dan Imam Ahmad hukumnya tidak disunnahkan dengan dalil hadits Nabi SAW bahwa beliau pernah melakukan qunut pada saat shalat Fajar selama sebulan sebagaiman diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud:

رَوَى ابنُ مَسْعُوْدٍ: أَنَّهُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَنَتَ فِيْ صَلاَةِ الفَجْرِ شَهْراً ثُمَّ تَرَكَهُ

Artinya:Diriwayatkan oleh Ibn Mas’ud: Bahwa Nabi SAW telah melakukan doa qunut selama satu bulan untuk mendoakan atas orang-orang Arab yang masih hidup, kemudian Nabi SAW meninggalkannya.” (HR. Muslim)

Namun menurut pengikut Imam Malik (Malikiyyah) doa qunut shalat Shubuh hukumnya sunnah namun disyaratkan harus di baca pelan saja (sirr).

Begitu juga menurut Syafi’iyyah hukumnya sunnah ab’adl (kalau lupa tertinggal disunatkan sujud sahwi).

Hadith sahih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad,Daruqutni dan Baihaqi dari
Sahabat Anas bin Malik sebagai berikut:

ما زال رسول الله يقنت في صلاة الفجر حتى فارق الحياة

Artinya: RasuluLlah selalu berqunut pada shalat subuh ssampai beliau wafat.

Imam Nawawi menerangkan dalam kitab Majmu’nya:

مَذْهَبُنَا أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ القَُنُوْتُ فِيْهَا سَوَاءٌ نَزَلَتْ نَازِلَةٌ أَمْ لَمْ تَنْزِلْ وَبِهَذَا قَالَ أَكْثَرُ السَّلَفِ

Atinya Dalam Madzhab kita (madzhab Syafi’i) disunnahkan membaca qunut dalam shalat Shubuh, baik karena ada mushibah maupun tidak. Inilah pendapat mayoritas ulma’ salaf. (al-Majmu’, juz 1 : 504)

Ada juga membaca doa qunut itu yang hukum sunat biasa saja seperti membaca doa qunut nazilah ketika sedang ada balai/ musibah yang menimpa pada sesama muslim dimana saja, misalkan orang muslim yang ada di palestina atau rohingia yang mana mereka itu sedang mendapatkan ancaman orang kafir, kita sama-sama doakan khususnya dalam sholat, sholat apa saja dengan nama qunut nazilah.

Hadits sunnahnya Qunut nazilah apabila tertimpa musibah atau bencana:

أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يقنت في الفجر والظهر والعصر والمغرب والعشاء

Artinya: Bahwasanya Nabi Muhammad melakukan qunut (nazilah) pada saat shalat subuh, dhuhur (dzuhur), ashar, maghrib, dan isya' (HR Ahmad)

Inilah Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Arab Latin Dan Artinya:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ
وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْت
وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ
وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ
وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ،
فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ
وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ
وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ
فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ
وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan Doa Qunut Dengan Tulisan Latin
Allah hummah dinii fiiman hadait.
Wa'aa finii fiiman 'aafait.
Watawallanii fiiman tawal-laiit.
Wabaariklii fiimaa a'thait.
Waqinii syarramaa qadhait.
Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik.
Wainnahu laayadzilu man walait.
Walaa ya'izzu man 'aadait.
Tabaa rakta rabbanaa wata'aalait.
Falakalhamdu 'alaa maaqadhait.
Astaghfiruka wa'atuubu ilaik.
Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi Wasallam.

Artinya/Terjemaahannya
Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan
Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan
Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan
Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan
Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan
Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum
Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin
Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya
Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau
Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan
Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau
(Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Bacaan Doa Qunut Nazilah.
Sebetulnya dalam teks lafadz doa qunut naziloah itu tidak ada bacaan yang ditentukan namun itu mengikuti pada situasi dan kondisinya saja misalkan kita mau memdoaka orang muslim yang ada di palestina atau di nrohingia bisa dengan bacaan seperti di bawah ini:

اللهم أَعِزَّ الإسلامَ و المسلمين , اللهم أَذِلََّ الشِركَ و المُشرِكِين , أللهم انْصُرْ اخوانَنَا المسلمين و المجاهدين و المُسْتَضْعَفِين , فى فلسطين و فى لُبْنَان و فى العراق وفى كل مكان و فى كل زمان
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ
اَللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلَ الْكِتَابِ الَّذِيْنَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيْلِكَ وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَائَك

Artinya :
Ya Allah! Muliakan Islam dan orang islam. Ya Allah! Hinakan Syirik dan musyrikin. Ya Allah! Tolonglah saudara-saudara kami yang muslim dan mujahidin dan golongan-golongan lemah, di Palestine, di Lubnan, di Iraq dan di semua tempat dan di semua masa.

Ya Allah ! Ampunilah kami, kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Persatukanlah hati mereka. Perbaikilah hubungan di antara mereka dan menangkanlah mereka atas musuh-Mu dan musuh mereka”.

Ya Allah! Laknatlah orang-orang kafir ahli kitab (yahudi dan nashrani) yang senantiasa menghalangi jalan-Mu, mendustakan rasul-rasul-Mu, dan memerangi wali-wali-Mu.

Demikian yang dapat kami sampaikan bacaan qunut sholat subuh, nazilah dalam tulisa bahasa arab latin lengkap dengan artinya, numun bukan hanya itu saja yang dapat kami sajikan masih banyak lagi seperti doa sebelum makan, bangun tidur, doa sholat tahajud, sholat dhuha dan yang lainnya kami sediakan disini. Semoga dengan adanya artikel kami ini dapa bermanfaat bagi kita semua.