Bacaan Lafadz Doa Sebelum Dan Sesudah Makan, Minum Lengkap Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Makan Minum - Makan adalah merupakan suatu pekerjan yang hukumnya wenang(boleh) sehingga bila mana dilaksanakan atau tidak dilaksanakan itu tidak akan mendapatkan pahala atau dosa. Namun dari hukum wenang itu bisa menjadikan hukum wajib, haram, sunat dan makruh.

Adapun salah satu contoh makan dan minum yang hukumnya haram seperti kalau seseorang tidak makan dan minum bisa mengakibatkan kelaparan sehingga bisa mematikan, sedangkan yang hukumnya haram seperti makan dan minum berlebihan sampai memabukan. Makanya makan dan minum dalam hukum Islam itu ada aturan ataua tata cara sesuai dengan yang telah di contohkan oleh Rosululloh SAW.

Rosululloh SAW setiap kali mau makan dan minum sebelumnya selalu membacakan doa begitu pula setelah/ sehabis itu membacakan lagi doa setelah makan dan minum, dengan hal seperti itu maka makan dan minumnya Rosul selalu mendapatka ridho dari Alloh, begitu pula kita sebagai ummat Rosul harus selalu mencontoh kepada baginda Rosul dalam setiap pekerjaan, ucapan, supaya kita di akui sebagai umatnya.

Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Makan Minum

Maka dengan itu kami disini menuliskan bacaan lafadz doa sebelum makan,minum dalam bahasa arab latin lengkap dengan artinya, gina untuk membantu saudara-saudara kami yang masih belum hafal atau karena mungkin lupa lagi atas bacaan doa sebelum dan sesudah makan minum seperti di bawah ini:

Bacaan Doa Sebelum Makan Arab, Latin Lengkap Dengan Artinya

اَللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ


ALLOOHUMMA BAARIK LANAA FIIMAA RAZAQTANAA WAQINAA 'ADZAA BANNAAR

Artinya :Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Bacaan Doa Sesudah/Setelah Makan Lengkap Arab, Latin Lengkap Dengan Artinya

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ


ALHAMDU LILLAAHIL LADZII ATH'AMANAA WA SAQOONAA WA JA'ALANAA MUSLIMIIN

Artinya :Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam.

Bacaan Doa Setelah/Sesudah Minum Lengkap Arab, Latin Lengkap Dengan Artinya

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا


ALHAMDU LILLAAHIL LADZII JA'ALAHUU 'ADZBAM FUROOTAM BIROHMATIHII WA LAMYAJ'ALHU MILHAN UJAAJAM BIDZUNUUBINAA

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami.

Itulah yang dapat kami rangkum "Bacaan/Lafadz Doa Sebelun Dan Sesudah Makan Minum", seperti sebelumnya kami telah berbagi bacan niat mandi wajib, doa untuk suami, doa masuk masjid, doa sebelum dan sesudah tidur, doa qunut, dan masih banyak lagi yang lainnya makanya terus saja update disini. Semoga dengan adanya artikel kami ini ada manfaatnya bagi kita sesama umat Islam di manapun berada.

Advertisement