Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, Udara Arab Latin Lengkap Artinya

Bacaan Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, Udara Arab Latin Dan Artinya - Seiring kita sering keluar rumah bepergian naik kendaraan darat seperti motor, mobil dan yang lainnya ataupun naik pesawat udara, naik kapal laut untuk menjaga keselamatan dunia dan akherat sehingga bepergian kita berada dalam lindungan ridho dan rahmat Alloh SWT, maka dalam ajaran agama islam di anjurkan untuk selalu membaca doa naik kendaraan.

Bacaan doa naik kendaraan ini adalah merupakan amalan sunnah yang seringkali di baca oleh Nabi kita Muhammad SAW ketika mau bepergian dekat maupun jauh dengan tujuan agar mendapatkan keselamatan dan lindungan taufik hidayah Alloh SWT selamanya terutama ketika sedang ada di perjalanan.

Untuk bepergian jauh tentunya kita naik kendaraan, baik kendaraan darat, laut dan udara karena sekarang telah banyak alat transportasi untuk mengantarkan kita sampai tujuan siang ,mau pun malam, beda lagi dengan jaman dulu kalau dulu kebanyakan orang bepergian itu menggunakan jalan kaki terus karena sangat minimnya kendaraan.

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, Udara Arab Latin Lengkap Artinya

Nah untuk itu agama islam mengajarkan dan memberikan pendidikan bagi umatnya supaya segala sesuatu mendapatkan ganjaran/fahala dari Alloh SWT maka awali lah segala sesuatu dengan bacaan basmallah dan bacaan doa, seperti yang akan kami rangkum disini bacaan doa naik kendaraan darat, laut maupun udara yang pendek singkat dan padat dalam tulisa bahasa arab latin lengkap dengan artinya seperti di bawah ini:

Lafadz Doa Naik Kendaraan Darat

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

SUBHAANAL LADZII SAKHHORO LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA ROBBINAA LAMUNGQOLIBUUNA.

Artinya :Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Lafadz Doa Naik Kendaraan Laut

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآ اِنَّ رَبّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

BISMILLAAHI MAJRAHAA WA MURSAAHAA INNA ROBBII LAGHOFUURUR ROHIIM

Artinya :Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.

أللهُ أَكْبَرُ, أللهُ أَكْبَرُ, أللهُ أَكْبَرُ. سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنْ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِي الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالأََهْلِ

Artinya : Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Mahasuci (Allah) Dzat Yang telah menundukkan kendaraan ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu mengusasinya, dan sesungguhnya kepada Tuhan kami tempat kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan dan ketakwaan dan amal yang Engkau ridhoi pada perjalanan kami ini. Ya Allah, ringankanlah perjalanan kami ini dan dekatkanlah jaraknya yang jauh. Ya Allah, Engkaulah kawan (yang melindungi) perjalanan dan wakil (yang menjaga) keluarga kami. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan perjalanan dan keburukan pemandangan dan kejelekan di saat kembali, pada harta dan keluarga.

Itulah yang dapat kami susun bacaan doa naik endaraan darat, laut dan udara lengkap sesuai sunnah, namun bukan sebatas itu aja yang dapat kami rangkum kumpulan -kumpulan doa seperti doa masuk mesjid, doa masuk kamar mandi, doa qunut, doa menengok orang sakit doa setelah wudhu, doa kebaikan untuk suami istri doa untu orang tua dan masih banya lagi yang lainnya, semoga ada manfaatnya bagi kita semua.