Bacaan Doa Buka Puasa Dan Sahur Ramadhan Yang Shahih

Bacaan Doa Buka Puasa Dan Sahur Ramadhan Yang Shahih - Setelah kita melaksanakan puasa di siang harinya baik itu puasa wajib/puasa ramadhan atau puasa sunnah maka ketika menelang terbenamnya matahari atau menjelang buka maka jangan terburu-buru melaksanakan buka puasa tapi ada hukun sunnah menurut ajaran agama islam yaitu terlebih dahulu membaca doa buka puasa yang shahin menurut sunnah Rosululloh SAW.

Tapi membaca doa buka puasa ramadhan itu memang sudah menjadi hal yang biasa kita laksanakan setiap kali berbuka puasa, namun kami di sini cuman mengingatkan karena mungkin saja kita lupa lagi atau memang masih belum faham juga seperti halnnya niat puasa ramadhan, sebab pausar ramadha hanya dilaksanakan setahun sekali dalam satu bulan makanya kami disini untuk saling mengingatkan satu sala yang lainnya.

Untuk bacaan doa buka puasa ramadhan sebetulnya mudah di hafal karena tidak begitu panjang bakan kita masih ingat dulu ketika sedang belajar ilmu agama biasa oleh guru ngaji diajarkannya secara di talar bersamaan di mushola, mesjid atau di tempat lainnya, untuk bacaan doa buka puasa dan sahur kami disini di tulis dengan mengunakan bahasa arab latin dan di lengkapi dengan artinya yang shahih sesuai sunnah Rosululloh SAW seperti di bawah ini:

Bacaan Doa Buka Puasa Dan Sahur Ramadhan Yang Shahih

Bacaan Doa Buka Puasa Dan Sahur Ramadhan Yang Shahih

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Artinya :Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Bisa juga dengan bacaan sepeti di bawah ini:

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Dzahaba-dz Dzoma’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah

Artinya :Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.

Keterangan sepeti ini di ambil dari hadts Rosululloh SAW

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Artinya :Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila beliau berbuka, beliau membaca: “Dzahaba-dz Dzama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah” (HR. Abu Daud 2357, Ad-Daruquthni dalam sunannya 2279, Al-Bazzar dalam Al-Musnad 5395, dan Al-Baihaqi dalam As-Shugra 1390. Hadis ini dinilai hasan oleh Al-Albani).

Dilihat dari arti doa di atas, dzahir menunjukkan bahwa doa ini dibaca setelah orang yang berpuasa itu berbuka. Syiakh Ibnu Utsaimin menegaskan:

لكن ورد دعاء عن النبي صلى الله عليه وسلم لو صح فإنه يكون بعد الإفطار وهو : ” ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله ” فهذا لا يكون إلا بعد الفطر

“Hanya saja, terdapat doa dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, jika doa ini shahih, bahwa doa ini dibaca setelah berbuka. Yaitu doa: Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu…dst. doa ini tidak dibaca kecuali setelah selesai berbuka.” (Al-Liqa As-Syahri, no. 8.

Jadi kesimpulannya doa buka puasa yang kesatu itu adalah untuk bacaan sebelum berbuka sedangkan yang bkedua adala untuk bacaan setelah membatalkan puasa atau makan dan minum.

Itulah yang dapat kami tulis bacaan doa buka puasa dan sahur ramadhan yang shahih lengkap dengan artinya, semoga dengan adanya artikel kami ini membawa manfaat bagi kita semua dan kita bisa melaksanakan pada waktunya dengan penuh keikhlasan.