Penetapan Awal Bulan Ramadhan 2018 Jatuh Pada Hari Tanaggal Berapa

Penetapan Awal Bulan Ramadhan 2018 Jatuh Pada Hari Tanaggal Berapa - Kebanyakna umat islam ketika akan menentukan awal masuknya bula suci ramadhan selalu menunggu keputusan mentri agama dengan melalui sidang isbat yang di laksanakan dan diselenggarakan setelah menjelang terbenamnya matarahari dengan menggunakan alat peneropong bulan dari berbagai tempat yang telah di tentukan oleh kementrian agama.

Namun ada juga untuk menentukan yawal masuknya tanggal bulan hijriyah terutama bulan ramadhan yang menggunakan hasil hisab ilmu hitung dengan menggunakan sumber dari kitab sulamunnayyiren, cara seperti ini biasanya di gelar di pondok pesantren-pesantren dengan di bingbing langsung oleh gurunya cara seperti ini juga dapat di benarkan dan di syahkan oleh kementrian agama, bahkan ada kelebihannya hisaban seperti ini, dari jauh-jauh waktunya juga bisa di perhitungkan dengan pasti.

NAh bagai mana untuk kita -kita ini yang tidak bisa melaksanakan rukyat atau tidak bisa ilmu hisab atau ilmu hitung itu untuk menentukan jatuh temponya awal bulan puasa ramadhan? dengan kebijakan hukum syara' kita bisa mengambil keyakinan kepada orang yang telah betul-betul faham dan mengetahui rukyah dan ilmu hisab, jangan sampai kita muncul keragu-raguan, karena kalau orang berpuasa ramadhan masih belum yakin masuknya bulan ramadhan walau pun tepat waktunya itu puasanya tidak syah.

Penetapan Awal Bulan Ramadhan 2018 Jatuh Pada Hari Tanaggal Berapa

Makanya kami di sini akan sedikit memberikan info yang akurat dan telah disepakati dalam sidang isbat/rukyat bahwa AWAL BULAN PUASA RAMADHAN 2018 JATUH PADA HARI KAMIS 17 MEI dengan ketinggian bulan pada waktu rukyat .....drj, lama bulan di langit......menit, ......skon....lis berjalan pada buruj......

Nah setelah itu baru kita melaksanakan ibadah puasa ramadhan dengan niat puasa, niat puasa ramadhan, doa buka puasa, menu buka puasa, niat puasa ganti, doa niat puasa, marhaban ya ramadhan, niat sholat tarawih, jadwal imsak, doa sholat witir, doa sahur, sholat tarawih, niat puasa qadha, yang membatalkan puasa, kultum ramadhan.

demikianlah yang dapat kami buat awal penetapan tanggal satu bulan ramadhan 2018 jatuh pada hari Kamis maka untuk itu kita diwajibkan untuk melaksanakan puasa selama satu bulan lamanya dan di pungkas dengan pelaksanaan ibadah di hari raya idul fitri yang begitu besar dan punya makna bagi ummat islam. semoga bermafpaat bagi kita semua.