Hasil Sidang Isbat Awal Bulan Ramadhan 2024 Jatuh Pada Hari

Hasil Sidang Isbat Awal Bulan Ramadhan 2024 Jatuh Pada Hari - Bagi umat islam hukumnya wajib mengetahui keberadaan bulan hijriyyah karena ada kaitannya dengan ibadah beda dengan kalender masehi, misalkan untuk menentukan batas usia baligh, juga untuk meastikan masuknya bulan suci ramadhan maka untuk itu kami disini akan memberikan cara hasil sidang isbat kemenag penetapan awal ramadhan 2024.

Kebanyakna umat islam ketika akan menentukan awal masuknya bula suci ramadhan selalu menunggu keputusan mentri agama dengan melalui sidang isbat yang di laksanakan dan diselenggarakan setelah menjelang terbenamnya matarahari dengan menggunakan alat peneropong bulan dari berbagai tempat yang telah di tentukan oleh kementrian agama.

Namun ada juga untuk menentukan yawal masuknya tanggal bulan hijriyah terutama bulan ramadhan yang menggunakan hasil hisab ilmu hitung dengan menggunakan sumber dari kitab sulamunnayyiren, cara seperti ini biasanya di gelar di pondok pesantren-pesantren dengan di bingbing langsung oleh gurunya cara seperti ini juga dapat di benarkan dan di syahkan oleh kementrian agama, bahkan ada kelebihannya hisaban seperti ini, dari jauh-jauh waktunya juga bisa di perhitungkan dengan pasti.

Hasil Sidang Isbat Awal Bulan Ramadhan 2024 Jatuh Pada Hari

NAh bagai mana untuk kita -kita ini yang tidak bisa melaksanakan rukyat atau tidak bisa ilmu hisab atau ilmu hitung itu untuk menentukan jatuh temponya awal bulan puasa ramadhan? dengan kebijakan hukum syara' kita bisa mengambil keyakinan kepada orang yang telah betul-betul faham dan mengetahui rukyah dan ilmu hisab, jangan sampai kita muncul keragu-raguan, karena kalau orang berpuasa ramadhan masih belum yakin masuknya bulan ramadhan walau pun tepat waktunya itu puasanya tidak syah.

Makanya kami di sini akan sedikit memberikan info yang akurat dan telah disepakati dalam sidang isbat/rukyat bahwa AWAL BULAN PUASA RAMADHAN 2024 JATUH PADA HARI .... dengan ketinggian bulan pada waktu rukyat .....drj, lama bulan di langit......menit, ......skon....lis berjalan pada buruj......

Nah setelah itu baru kita melaksanakan ibadah puasa ramadhan dengan niat puasa, niat puasa ramadhan, doa buka puasa, menu buka puasa, niat puasa ganti, doa niat puasa, marhaban ya ramadhan, niat sholat tarawih, jadwal imsak, doa sholat witir, doa sahur, sholat tarawih, niat puasa qadha, yang membatalkan puasa, kultum ramadhan.

demikianlah yang dapat kami buat awal penetapan tanggal satu bulan ramadhan 2024 jatuh pada hari Kamis maka untuk itu kita diwajibkan untuk melaksanakan puasa selama satu bulan lamanya dan di pungkas dengan pelaksanaan ibadah di hari raya idul fitri yang begitu besar dan punya makna bagi ummat islam. semoga bermafpaat bagi kita semua.