-->

Bacaan Doa Ketika Turun Hujan Lebat dan Setelah Reda

Bacaan Doa Ketika Turun Hujan Lebat dan Setelah Reda - Disaat hujan lebat turun yang disertai dengan angin kencang ataupun petir, biasanya akan membuat kita panik karena takut ada kejadian apa-apa yang tidak kita harapkan, karena biasanya kalau keadaan seperti itu rawan atas adanya bencana.

Dengan keadaan seperti itu untuk kita sebagai umat islam seharusnya gak usah panik tapi justru harus dijadikan momen yang terbaik untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada Alloh SWT dengan cara berdzikir dan membaca doa ketika hujan sesuai anjuran rosululloh SAW.

Maka untuk itu kami disini akan berbagi bacaan doa ketika turun hujan lebat yang disertai dengan angin kencang juga sambaran suara petir yang akan membuat panik bagi kita semua seperti sebelumnya kami telah berbagi bacaan niat puasa ramadhan, doa buka puasa dan masih banyak yang lainnya. Rasulullah SAW mengajarkan doa kepada kita ketika hujan turun. Imam Nawawi Al-Bantani, dalam kitabnya Nihayatu Az-Zain:

Bacaan Doa Ketika Turun Hujan Lebat dan Setelah Reda

اللّهُمَّ صَيّبًا نَافِعًا

“Allahumma shoyyibian naafi’an”
“Ya Allah, turunkan pada kami hujan yang manfaat.”

Kemudian Imam Nawawi Al-Bantani juga menambahkan dengan:

وَيَدْعُوْ بِمَا شَاءَ فَإِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ عِنْدَ نُزُوْلِ الْغَيْثِ… إلخ

“Dan berdoa dengan doa yang dikehendaki. Karena sesungguhnya doa itu dikabulkan ketika turun hujan, … dst.” (Lihat Nihayatu Az-Zain, hal 114)

Doa di atas ini di amnil dari hadits diriwayat Sayyidah ‘Aisyah R.A. yang menyebutkan dikala ketika turun hujan Rasulullah SAW selalu membaca doa seperti yang telah disebutkan di atas (Lihat Shahih Bukhari no. 1032 juz 2 hal. 32).

Kemudian dalam hadits lain Nabi Muhammad bersabda:

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

Artinya: “Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan yaitu : Saat bertemunya dua pasukan (tantara yang bertempur). Saat menjelang shalat dilaksanakan, dan saat hujan turun.” (HR.Baihaqi).

Bacaan Doa Ketika Hujan Lebat Arab

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.”
Arti Bacaan Doa Ketika Hujan Lebat

“Wahai Tuhanku! Turunkanlah hujan di sekitar kami, dan janganlah musnahkan kami. Ya Allah! Engkau turunkanlah ia di atas gunung-gunung dan bukit-bukit, di lembah-lembah, dan tempat tumbuhnya pokok-pokok (pepohonan).” (HR.Bukhari dan Muslim).

Imam Nawawi menganjurkan ketika hujan reda untuk membaca:

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ

“Kita telah dihujani dengan anugerah Allah serta rahmat-Nya.” (Lihat Nihayatu Az-Zain, hal 114)

Demikian yang dapat kami rangkum tentang bacan doa ketika hujan turun dalam tulisan bahasa arab latin lengkap dengan artinya semoga bermanfaat bagi kita semua.