-->

Teks Khutbah Jumat Singkat Padat Terbaru Tipu Daya Syetan

Khutbah Jumat Singkat Tipu Daya Syetan - Kebiasaan para hkotib jumat ketika akan melaksanan sholat jumat yang pertama kali di pikirkan adalah tema dalam konsep hkutbah yang akan di sampaikan pada jamaah sesuai dengan keadaan situasi dan kondisi di waktun itu.

Maka untuk itu kami disini akan berbagi tema khutbah jumat tipu daya syetan singkat padat sehingga dapat mudah di cerna oleh para jamaah dan untuk paa khotib mungkin bisa membantu dalam pecarian tema, karena biasanya khotib agak susah utuk menentukan tema dengan keseringannya mereka berkhutbah.

Dangan hal seperti itu mari kita simak bersama dan kita saling berbagi teks khutbah jumat singkat terbaru dan mengingatkan sesama para khotib jumat dalam menentukan tema-tema sehingga kita dapa menyampaikan secara sempurna dalan pembahasan khutbah sehingga jamaah pun akan mengerti isi kandungannya.

Khutbah Jumat Singkat Tipu Daya Syetan

الحَمْدُ للهِ الّذِي لَهُ مَا فِي السمَاوَاتِ وَمَا فِي اْلأَرْضِ وَلَهُ الحَمْدُ فِي الآخرَة الْحَكِيمُ الْخَبِيرُ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِي الْأَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا وهو الرّحِيم الغَفُوْر. . أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدنا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى بِقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ إِلَى الرَّشَادِ. اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَاِبهِ الهَادِيْنَ لِلصَّوَابِ وَعَلَى التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ اْلمَآبِ. اَمَّا بَعْدُ، فَيَااَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، اِتَّقُوْااللهَ حَقَّ تُقَاتِه وَلاَتَمُوْتُنَّ اِلاَّوَأَنـْتُمْ مُسْلِمُوْنَ فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ
يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ لَا يَفۡتِنَنَّكُمُ ٱلشَّيۡطَٰنُ كَمَآ أَخۡرَجَ أَبَوَيۡكُم مِّنَ ٱلۡجَنَّةِ يَنزِعُ عَنۡهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوۡءَٰتِهِمَآ إِنَّهُۥ يَرَىٰكُمۡ هُوَ وَقَبِيلُهُۥ مِنۡ حَيۡثُ لَا تَرَوۡنَهُمۡ إِنَّا جَعَلۡنَا ٱلشَّيَٰطِينَ أَوۡلِيَآءَ لِلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ

Kaum Muslimin rohimakumulloh
Mari kita bersama sama memusatkan akal dan pikiran untuk menginget Alloh, sebab dengan mengingat Alloh kita akan memperoleh ketenangan, dengan demikian apa yang kita seluruhnya hadapi dapat diselesaikan dengan baik da beres.

Dan tidak hanya itu seseorang akan terlepas dari bujuk rayu syetan jika dia dalam keadaan mengingat Alloh SWT. Begitu juga sebaliknya orang yang lupa pada Alloh maka ia akan mudah untuk dipermainkan oleh syetan.

Semoga kesejahteraan tetap dilimpahkan oleh Alloh kepada yang mulia Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukan kepada kita semua hal-hal yang baik dan yang buruk. Beruntunglah orang-orang yang mau menerima kebaikan dari pada Rosul itu dan celakalah orang yang menolak kebaikan tersebut.

Selanjutnya disini kita hendak mengkaji soal syetan da segala tipu dayanya, syetan adalah satu diantara sekian makhluq Alloh dijadikan lebih dulu dari pada mausia. Syetan sebelum berada dibumi dia mejadi makhluq yang taat kepada Alloh di sorga tidak ada sejengkal tanah pun melainkan sudah pernah dipakai sujud oleh syetan.

Awal dari kedurhakaan syetan kepada Alloh ia sewaktu diperintah untuk menghormati mausia yang pertama yaitu Adam dia tak mau melaksanakan perintah tersebut degan alasan dia lebih baik dan lebih terhormat ketimbang Adam, Kisah ini di muat oleh Alloh dal;am al-qura surat al-a'raf ayat 12.

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ ۖ قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ

Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah". (al-a'raf ayat 12)

Sejak saat itulah syetan diusir oleh Alloh dari surga untuk turun kebumi. Sebelum turun syetan mengajukan permohonan kepada Alloh agar diberi umur yang panjang sepanjang umur dunia, permohonan itu di kabulkan oleh Alloh dan waktu itu syetan berkata dihadapan Alloh:

قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لأقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ (16) ثُمَّ لآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ (17)

Iblis menjawab, "Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat)." (al-a'raf ayat 16-17)

Tekad syetan untuk menyesatkan manusia agar nanti bisa bersama-sama menjadi penghuni neraka itu ji jawab oleh Alloh:

قَالَ اخْرُجْ مِنْهَا مَذْءُومًا مَدْحُورًا لَمَنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ لأمْلأنَّ جَهَنَّمَ مِنْكُمْ أَجْمَعِينَ (18)

Allah berfirman, “Keluarlah kamu dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barang siapa di antara mereka mengikuti kamu, benar-benar Aku akan mengisi neraka Jahannam dengan kalian semuanya.” (al-a'raf ayat 18)

Kaum Muslimin rohimakumulloh
Untuk itu hendaklah kita selalu waspada terhadap ganguan syetan agar kita semua mengetahui tentang tipu daya syetan disini, akan kami angkat satu kisah. Suatu ketika iblis pernah di utus oleh Alloh untuk mendatangi Nabi Muhammad SAW, ia menyerupai orang tua yang bertongkat, Nabi bertaya: siapakah kamu? Iblis menjawabnya, Kenapa kamu datang kemari? tanya Nabi. Aku disuruh datang kemari untuk mejawab segala pertanyaanmu, jawab iblis. Lantas Nabi berkata: Wahai Iblis berapakah musuh-musuhmu dari umatku? Iblis menjawab ada 15 orang.
1. Kamu sendiri
2. Peminpin yang adil
3. Orang kaya yang merendahkan diri
4. Pedagang yang jujur
5. Orang alim yang khusyu'
6. Orang mu'min yang suka menasehati
7. Orang mu'min yang murah hati
8. Orang yang taubat dan tetap dalam taubatnya
9. Orang yang menjauh dari yang haram
10. Orang mu'min yang banyak shodaqoh
11. Orang mu'min yang tetap berwudlu
12. Orang mu'min yang berbudi baik
13. Orang yang banyak berjasa kepada sesama manusia
14. Orang yang membawa al-quran dan selalu menghafalnya
15. Orang yang suka Tahajud dalam waktu orang-orang tertidur

Kaum Muslimin rohimakumulloh
Kemudian Nabi bertanya, dan berapakah temanmua dari umatku? Iblis menjawab sepuluh orang

1. Peminpin yang dholim
2. Orang kaya yang sombong
3. Pedagang yang curang
4. Pemabuk (peminum arak)
5. Tukang ngadu-ngadu
6. Pelacur
7. Pemakan harta anak yatim
8. Orang meremehkan sholat
9. Penolak zakat (tidak mau mengeluarkan zakat)
10. Orag yang pajang angan-angan

Sekarang mari kita melihat atas diri kita masing masing termasuk pada golongan yang mana apakah termasuk pada yang 15 golongan atau ang 10 golongan untuk jawabannya apa pada diri kita sendiri. Alhamdulillah jika kita termasuk pada 15 golongan yang dimusuhi syetan, da kita tidak perlu hawatir karena syeta tidak aka mampu memaksa-maksa atau menyakiti seseorang. Syetan hanya dapat membayang-bayagkan kelezatan dan bagusya maksiat, sebagai mana sabda Nabi:

yag artiya:"Aku di utus untuk berseru dan bertabligh menyampaikan ajaran dan tidak ada padaku kekuasaan untuk memberi hidayah, walau sedikitpun dan Iblis dijadikan untuk merayu erbisik dan memperhias dan tidak kuasa untuk menyesatkan sedikitpun (Al-hadits)

Dan celakalah orang yang termasuk pada 10 golongan tadi yaitu yang menjadi teman syetan, utuk itu mari kita jauhi semuan sifat sifat yang di senangi oleh syetan.

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ لَا يَفۡتِنَنَّكُمُ ٱلشَّيۡطَٰنُ كَمَآ أَخۡرَجَ أَبَوَيۡكُم مِّنَ ٱلۡجَنَّةِ يَنزِعُ عَنۡهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوۡءَٰتِهِمَآ إِنَّهُۥ يَرَىٰكُمۡ هُوَ وَقَبِيلُهُۥ مِنۡ حَيۡثُ لَا تَرَوۡنَهُمۡ إِنَّا جَعَلۡنَا ٱلشَّيَٰطِينَ أَوۡلِيَآءَ لِلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ

Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman.

Berkat tipu daya syetan yag licik, ia mengaku sebagai penasehat yang diutus Alloh akhirnya Adam dan Hawa, diusir oleh Alloh dari surga. Dan Alloh mengingatkan agar kejadian ini tidak menimpa kepada anak turunannya. Syetan adalah musuh kita dan hendaklah kita meganggapnya sebagai kusuh, jangan ditaati perintahnya, sebab ia mengajak kepada kemelaratan dan kekejian, semoga Alloh memelihara kita semua dari syetan yag terkutuk.

باَرَكَ اللهُ لِيْ وَلكمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيّاكُمْ بِالآياتِ والذِّكْرِ الحَكِيْمِ. إنّهُ تَعاَلَى جَوّادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ

Khutbah II
اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Demikian yang dapat kami buat tentag cotoh teks khutbah jumat tipu daya syetan kepada umat Nabi Muhammad SAW semoga kita sebagai umat islam di jauhkan oleh Alloh SWT dari semua godaan-godaan syetan yang akan menyesatkan pada manusia, semoga bermanfaat bagi kta semua.