Kumpulan Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat Lengkap Terbaru

Kumpulan Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat Terbaru - Disini kami sebagai admin dari pada web portaldakwah.com akan berbagi seputar kumpulan contoh teks khutbah jumat singkat padat dan jelas bahasa sunda arab latin tentang maot, sabar juga yang sesuai dengan situasi dan kondisi pada saat itu.

Dan begitu juga dalam teks bulan-bulan bersejarah seperti, mulud, rajab, puasa ramadhan, syawal, dzul qadah, dzul hijjah, muharom dan yang lainnya guna untuk mempermudah dalam pencarian para khotib yang akan melaksanaka sholat jumat.

Tentunya dengan adanya contoh teks khutbah jumat singkat terbaru ini menurut ahlussunnah wal jama'ah serasa menyentuh hati baik bagi para intelektual ataupun orang biasa saja, karena dengan khutbah yang bersamaan dengan keadaan pada waktunya semisal waktu datang musibah banjir, longsor, gempa yang di alami masyarakat itu akan terasa sedih.

Kumpulan Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat Terbaru

Khutbah I

الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ خَلَقَ الزّمَانَ وَفَضَّلَ بَعْضَهُ عَلَى بَعْضٍ فَخَصَّ بَعْضُ الشُّهُوْرِ وَالأَيَّامِ وَالَليَالِي بِمَزَايَا وَفَضَائِلِ يُعَظَّمُ فِيْهَا الأَجْرُ والحَسَنَاتُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى بِقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ إِلَى الرَّشَادِ. اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ علَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمّدٍ وَعَلَى آلِه وأصْحَابِهِ هُدَاةِ الأَنَامِ في أَنْحَاءِ البِلاَدِ

أمَّا بعْدُ، فيَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى بِفِعْلِ الطَّاعَاتِ

فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Seperti kita ketahui bahwa manusia merupakan faktor yang terpenting dalam pembangunan nasional yang sedang kita lancarkan dewasa ini, baik sebagai obyek, subyek maupun tujuan pemangunan itu sendiri. Oleh karena itu maka pembangunan nasional dewasa ini adalah berarti pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Ya pembangunan fisik(Jasmani) Ya pembangunan mental spiritual (rohani) dan demi suksesnya peranan agama adalah sangat penting.

Sebagai mana kita kertahui pula bahwa soko guru agama itu adalah sholat, sebagai mana yang telah dinyatakan oleh Nabi SAW haditsnya:

الصلاة عماد الدين, من أقامها فقد أقام الدين, ومن تركها(هدمها) فقد هدم الدين

Shalat adalah tiang agama, barangsiapa menegakkannya berarti telah menegakkan agama dan barangsiapa yang meninggalkannya (merobohkannya) berarti dia telah merobohkan agama.

Memang perintah sholat adalah sebagai pernyataan syukur kepada Alloh SWT sesuai dengan dasar sifat alami manusia, yang merasa berterima kasih kepada siapa saja yang berbuat kebaikan dan jasa kepadanya, dan mencintai orang yang cinta kepadanya, bersifat alamiah pula.

Betapa pula sikap kita kepada Alloh SWT yang telah menciptakan kita, membingbing kita, ke puncak kesempurnaan, yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat, taufiq dan hidayah atas kita, sudah sepatutnya kita menundukan diri kita dengan perbuatan Kepada-NYA serta melahirkan rasa terimaksih dengan lidah kita dengan mengerjakan sholat, yang tujuannya supaya manusia mengingat Alloh terus menerus.

Pungsi dari pada sholat adalah sama dengan kehidupan spritual manusia dengan memberi santapan bagi rohaninya, dan makin besar perhatian seseorang dicurahkan kepada sholat ini makin esar pula perkembangan spiritual dan moral orang itu.

Islam menetapkan sholat untuk dilakukan dalam cara tertentu dan dilaksanakan dalam waktu-waktu tertentu siang dan malam, tepat seperti ahli kesehatan (Dokter) menetapkan bentuk dan waktu makan, untuk pemeliharaan badan jasmani kita. Alloh Berfirman:

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dan pada shalat itu adalah sebagai pengingat manusia kepada Alloh SWT. adalah merupakan sarana pembangkit ketentraman jiwa, unsur mutlak kebahagiaan manusia. Alloh Berfirman:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Arti: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Tujuan menegakan sholat di terangkan oleh Alloh dalkam firmannya:

إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

Jadi shalat itu melindungi diri kita dari penyakit-penyakit moral dfan spiritual yang menghasilkan rohani dan membingbing manusia kearah hubungan yang erat Dengan Alloh SWT.

Memang shalat menurut islam adalah satu-satunya sarana untuk mensucikan manusia dari perbuatan dosa agar dapat berhubungan dengan Alloh, sesuai dengan sabda Rosululloh SAW:

Yang artinya: Kalau sekiranya didepan pintu seseorang diantaraku ada sebuah sungai dan dia mandi lima kali setiap hari apakah akan tinggal juga daki kotoran badannya? para sahabat menjawa, tidak akan tinggal daki kotorannya sedikitpun, kemudian sabdanya pula, seperti demikian pula shalat, Alloh menghapuskan dengan shalat itu kotoran dosa.

Sdr2 jamaah jumat

Dari sudut psikologis (kejiwaan) seseorang insan yang menegakan shoalt secara teratur dalam waktu-waktunya yang telah ditentukan, akan dapat diharapkan memiliki suatu kesadaran yang mendalam tentang kebesaran dan keagungan Ilahi, dimana iya sebagai insan yang dha,if dapat melihat kekecilan dirinya sendri, sehingga terdapatlah pembersihan terhadap sifat kesombongan, ketakaburan, dan pikiran-pikiran buruk dan yang lainnya yang dapat mengganggu atau meracuni kesehatan pikiran kalbunya.

Tidak bisa disangkal bahwa seseorang yang membiasakan bershalat dengan khusu dalam waktu-waktu yang teratur dari hari kehari tentunya memiliki suatu kekayaan rohaniyah yang tidak dapat dinilai dengan benda-benda materil atau lahiriyah, setiap ibadah mempunyai nilai-nilai ukhrowi dan duniawi terutama dalam rangka peningkatan mutu akhlaq orang yang shalat itu sendiri selama hidup di dunia ini.

Demikianlah setitik air dari samudra hikmah shalat dari uraian singkat tersebut dapat di ambil kesimpulan:

1. Bahwa dalam pembangunan nasioal kita yang berarti pembanguna manusia seutuhnya aspek agama adalah sangat penting.

2. Dan sholat seagai soko guru agama "Imaddudin" adalah juga berarti pembina kekuatan manuia lahir bathin untuk mesukseskan pemanguan nasional.

3. Oleh karena itu marilah kita tegaka perintah sholat supaya pembangunan nasional kita sukses dan diridhoi Alloh SWT.

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Demikian yang dapat kami buat kumpulan teks khutah jumat singkat padat terbaru dalam tuslisan bahasa arab latin lengkap dengan artinya yang menjadi syarat jumat , semoga dengan adanya artikel yang kami buat ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi para khotib bisa mempermudah dalam pencariannya.