Bacaan Lafadz Niat Doa Sholat Puasa Dan Artinya

Kata Ucapan Selamat Berbuka Puasa Ramadhan Terbaru 1440 H, 2019 M

Ucapan Buka Puasa - Ramadha tiba umat islam pada melaksanakan ibadah puasa dari mulai terbitnya fajar sampai terbenamnya mata hari dengan harapan semuanya mendapatkan fahala dan ridha dari Alloh SWT yang beitu besar dan banyak fahala-fahala lainnya dari segala bentuk amalan di bulan ramadhan siang maupun malamnya makanya ramadhan di katakan bulan taubat bulan penuh berkah.

Bagi seorang muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa di waktu menjelang magrib adalah merupakan hal yang sangat di nanti-nantikan dan merupaka uatu kegembiraan akan melaksanakan berbuka puasa sama keluwarga di rumah atau sama siapa saja, sebelum tiba saatnta adzan magrib kita bisa chatting di dumai sambil berbagi kata kata ucapan buka puasa yang sangat berkenan di hati anda untuk di bagikan kepada sesama teman karib kekasih atau siapa saja.

Untuk rangkaian kata kata ucapan berbuka puasa terbaru 1440 hijriyyah 2019 masehi telah kami rangkum di situs kami ini portaldakwah.com guna untuk membantu dan membermudah pencarian kata kata yang akan anda bagikan, sehingga anda gak perlun ngonsep lagi kata ucapan buka puasa tnggal pilih saja mana kata yang cocok dengan hati anda untuk saling berkirim sesama teman anda.

Kata Ucapan Selamat Berbuka Puasa Ramadhan Terbaru 1440 H, 2019 M

Di sini kami telah merangkum beberapa rangkaian kata yang tersusun sesuan urutan abjad dari mulai A sampai Z seperti yang sudah tercatat di awah ini:
Apabila Allah menginginkan kebaikan bagi seseorang maka dia diberi pendalaman dalam ilmu agama. Sesungguhnya memperoleh ilmu hanya dengan belajar. (HR. Bukhari)
Ada nasi lauk-pauk dan buah-buahan, Tersedia sudah diatas meja, Setulus hati aku mengucapkan, Selamat berbuka puasa….
Apa menu buka puasanya itu ga penting, yang penting level kekenyangan yang dihasilkan, hahaha.......
Selamat erbuka puasa
Anak ayam turun sepuluh, Mati satu tinggal sembilan, Suara lantang terdengar merdu tanda berseru datang buka puasa, Selamat berbuka puasa
Bedug maghrib mengiringi adzan, Terdengar mengalun begitu merdunya, Dengan sms ini aku ucapkan, Selamat berbuka puasa.
Barangsiapa dibukakan baginya pintu kebaikan (rezeki) hendaklah memanfaatkan kesempatan itu (untuk berbuat baik) sebab dia tidak mengetahui kapan pintu itu akan ditutup baginya. (HR. Asysyihaab) , met buka puasa ya......semoga Allah menerima puasa kita..
Beduk di tebuh mengiringi ku mandang azan. Indah dan merdu suaranya, dengan penuh rindu aku ucapkan, Selamat Berbuka Pauasa.
Berbukalah dengan yang manis, oleh karena itu aku kirim sms ini, supaya kamu buka puasa sambil membaca sms dari aku yang sangat manis, met berbuka puasa.
Cinta itu emang buta, Puasa itu menahan haus dan lapar, Siapa ikhlas tidak akan terasa berat, sembari berdoa semoga puasa kita berkah
Cara terbaik menghukum orang yang telah menyakiti kita ialah dengan berbuat baik kepadanya. Selamat Berbuka Puasa.
Dalam penantian kadang kita akan menemukan indahnya hidup. Selamat berbuka puasa.
Dengan bumbu kasih sayang, Aku masak menu kau punya kesukaan, Dan siap untuk dihidangkan, Untukmu duhai pujaan, Selamat Menikmati Hidangan Berbuka Puasa
Dari pagi sampai sore, Kita menahan segala rasa dan Nafsu, hanya untuk Meraih Rodho Allah, Semoga Aku dan Kamu mendapatkan berkah, di puasa hari ini
Selamat berbuka sayang
Disunahkan Berbuka dengan Yang Manis-Manis, Ketika Azan TibaBismilah Langsung Buka Foto Kamu, Buat mecahin puasa hari iniLihat foto kamu bagian dari sunnah, Manis-ManisSelamat berbuka Puasa Manis
Engkaupun telah seharian melawan nafsu, juga telah tiba untuk kita semua untuk berbuka puasa, semoga Allah menerima puasa kita.
Es kelapa enak banget, buat buka puasa seger banget, apalagi minum sama kamu yang imut banget, Met berbuka puasa.
Engkaupun telah seharian melawan nafsu, juga telah tiba untuk kita semua untuk berbuka puasa, semoga Allah menerima puasa kita.
Gerimis datang bersama hujan, Mengiringi maghrib melantunkan azhan, Menggambarkan aku dalam kesegaran, Meskipun hatiku berbalut kerinduan, Tetap kukirimkan salam senyuman ,Lewat do’aku untukmu yang kunantikan, Semoga engkau selalu dalam kesehatan, Selamat Berbuka Puasa!
Hatiku tersenyum cinta, Berwarna alami rindu rasa, Berbunga-bunga manisnya do’a, Untukmu kumenunggu setia, Semoga engkau sehat dalam lindungan-Nya, Selamat Berbuka Puasa !
Indah itu saat berbuka puasa bersama keluarga, Tapi tidak lengkap jika kita berpuasa , Tanpa ada akhir berbuka, Selamat berbuka puasa.
Jika anda gerah maka mandilah, jika anda ngantuk maka tidurlah dan jika bedug adzan magrib telah terdengar maka ku ucapkan selamat berbuka puasa ya sobat.
Jangan Sampai lupa berdoa sebelum makan. Saat kenyang jangan sampai lupa, ucapkan Alahamdulillah., Selamat berbuka puasa kuucapkan. Untukmu bersama senyumku paling indah!
Kebaikan itu banyak, tetapi pengamalnya (yang melaksanakannya) sedikit. (HR. Abu Hanifah). met buka puasa ya.. cin.. semoga Allah menerima ibadah puasa kita. Amin.
Kamu itu ibarat adzan magrib deh...., selalu kunanti dan kutunggu setiap hari., Met buka puasa yah sayang..
Kita semua tahu bahwa kita disunahkan untuk berbuka dengan yang manis,
itulah sebabnya kukirimkan BBM ini buat kamu, pas pada saat km buka puasa,
Biar km bisa buka puasa sambil baca sms dari orang manis..met buka puasa sayang…
Merdunya lantunan suara azhan.., Terdengar dari arah mushola.., Kuucap sapa dengan senyum iman.., Selamat Berbuka Puasa Teman-Teman.
Mencari titik kebahagiaan tak mudah untuk ditemukan, namun ketika hadirnya dirimu dihadapanku, kebahagiaanku ada tanpa harus kucari, karena ku yakin cinta yang ku cari adalah kamu yang selama ini ada disisiku, selamat berbuka puasa calon istriku tersayang
Mau bikin kolek buah pisang..,, Jangan lupa santan dan gula...., Buatmu yang slalu kusayang...., Selamat Buka Puasa
Nih sudah kusiapin makanan buat kamu: sepiring cinta, semangkok sayang, sepotong kasih, setoples rindu , sepotong senyum, seiris hati dan minumnya segelas perhatian, kalau ingin muntah2 kamu sudah tau kan letak WC nya dari sini lurus aja trus belok kanan, he2, met buka puasa ya....
Pergi kepasar beli kolak pisang, pulangnya naik sepeda, buat kamu yang sangat ku sayang, aku ucapkan selamat berbuka puasa.
Sungguh manis Rasa Es lengkong, jangan lupa tambahkan santan, buat engkau yang selalu q sayang, Aku ucapkan selamat berbuka puasa.
Setelah seharian menahan diri dari semua ujian dan godaan, kini tlah tiba waktu untuk melepaskannya, Met berbukaa puasa.
Selamat berbuka puasa, Sahabatku semoga amal ibadah puasa kita seharian tadi diterima oleh Allah SWT.
Walaupun sangat manis rasa gula, namun lebih manis ucapan met berbuka yang kau ucapakan, seperti ucapan indahmu, akupun juga demikian, met berbuka puasa.
Tak ada yang lebih menggembirakan dari puasa kali ini selain karena kau kini menemaniku.
Taqwalah kepada Tuhan, agar puasa mudah di laksanakan, jiwa kuat melawan godaan syaithan, hingga waktu yang di tentukan, Dengan Ini aku Mengucapkaan selamat Berbuka Puasa.
Mungkin itulah yang dapat kami rangkum dan sajikan di situs kami ini tentang kata-kata kartu ucapan selamat berbuka puasa ramadhan lucu romantis islami buat pacar sayang semoga diberikan kekuatan dalam melaksanakan ibadah puasanya .

Kata Ucapan Selamat Marhaan Ya Ramadhan Lucu Terbaik 2019 M/1440 H

Ucapan Ramadhan 2019 - kata ucapan selamat menyambut bulan suci puasa ramadhan bukanlah merupakan hal yang baru-baru kali ini namun adanya ucapan selamat ini sudah menjadikan kata yang tak asing lagi di telinga kita, bahkan ucapan selamat itu adalah merupakan ucapan doa bagi kita sesama umat islam semoga kita di berikan kekuatan dalam menjalankan ibadah selama di bulan ramadhan terutama kita di berikan kekuatan dalam mekaksanakan puasa sebuan lamanya.

Ucapan ramadhan itu adalah merupakan salah satu bentuk rasa syukur dan kegemiraan bagi kita sebagai umat islam untuk meraih segala fahala dari berbagai macam ibadah yang terkandung selama bulan ramadhan, maka sebelum tiba pada saatnya bulan ramadhan terlebih dahulu umat islam sudah memperlihatkan rasa kegembiraan dengan berbagi ucapan selamat menyambut bulan suci ramadhan 14040 H / 2019 M.

Maka untuk itu kami disini akan menghimpun kumpulan ucapan selamat menyambut bulan ramadhan unik, lucu, gokil, ceria, romantis, sedih yang nantinya bisa anda membagikannya ke teman-teman, kerabat, saudara, orang tua dan yang sangat berkenan di hati adalah buat pacar atau kekasih tersayang dengan lewat WA, FB, Twitter, IG dan media sosial lainnya karena sekarang jamannya yang begitu canggih kita manfaatkan untuk ajang silaturahmi walau dengan jarak yang begitu jauh kita tetap bisa berkomunikasi.

Kata Ucapan Selamat Marhaan Ya Ramadhan Lucu Terbaik 2019 M/1440 H

Kumpulan Kata Ucapan Selamat Menyambut Puasa Ramadhan 2019
Aku tak pandai berkata-kata.. Namun dengan segala ketulusan dan kerendahan hati. Kuingin mengucapkan selamat berpuasa kepadamu temanku.Amin…
Apalah arti sebuah kata, Jika tidak dimaknai dengan ibadah, Walau kita sering berpendapat berbeda, Kini tiba untuk saling menghapus dosa, Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Menjalankan Ibada Puasa.Amin…
Andai masih takut kehujanan, Juga takut panasnya siang, Mengapa tidak takut balasan, Bila puasa sengaja diabaikan, Met Puasa teman, semoga amal ibadah kita semua diterima oleh Allah SWT. Amin…
Buruang pipit tabang surang, Datuk Maringgih iyolah kayo. Kini puaso alah datang, jan lupo maafkan ambo, Wassalam: Marhaban ya Ramadhan.
Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci. Seperti embun pagi yang membasahi dedaunan di kala pagi. Embun sejuk yang akan membasuh dan membersihkan jiwa kita dari segala dosa. Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 2019.
Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Tak lama lagi kita akan berjumpa. Siapkan hati untuk mendekatkan diri pada-Nya. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
CINTA datang tanpa di duga, KASIH SAYANG datangnya tanpa terasa, HATI berkata tanpa dusta, "datangnya bulan RAMADHAN adalah RAHMAT, marilah kita menyambut BULAN ini dengan CINTA dan KASIH SAYANG…."
Cobaan perlu Ketabahan, Keputusan perlu Keberanian, Puasa melatih Kesabaran, Segala salahku mohon dimaafkan
Cobalah sejenak kita renungkan lebih dalam, betapa beruntungnya kita karena masih diberi kesempatan untuk bersimpuh ke hadirat illahi di bulan yang suci ini, betapa kita sedikitpun tidak punya alasan untuk tidak bersyukur kepadaNya. Allahu akbar, Ramadhan karim, ramadhan mubarak, Selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan, semoga amal ibadah kita diterima Allah S.W.T”
Dalam kesakitan teruji kesabaran, Dalam perjuangan teruji keikhlasan, Dalam ukhuwah teruji ketulusan, Dalam tawakkal teruji keyakinan, Hidup ini amat indah jika Allah menjadi tujuan Selamat menunaikan ibadah Ramadhan”
Dari dulu ingin minta maaf padamu, Tapi diriku terlalu malu, Hari ini kuberanikan diri memintamu, Menjelang puasa kau berikan maafmu.
Dear Senja dikala awan mulai kemerahan, Engkau pergi menjadi tanda awal puasa, Saat yang tepat untuk meminta segenap maaf, Atas salah dan dosa, Karena Besok udah mulai puasa, Marhaban Ya Ramadhan.
Embun suci di pagi hari, hati yg bersih ‘kan lahir kembali, Bulan ramadhan telah menanti, bersihkan diri menghadap Ilahi.”
Esok adalah harapan.. Sekarang adalah pengalaman.. Kemarin adalah kenangan.. yang tak luput dari kekhilafan, Marhaban ya Ramadhan.Mohon maaf lahir dan batin.
Fajar ramadhan segera menghampiri dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa 1439 H semoga amal kita diterima di sisi Allah SWT.”
Gersang bumi tanpa hujan, gersang akal tanpa ilmu, Gersang hati tanpa iman, gersang jiwa tanpa amal, Marhaban Ya Ramadhan, Selamat menunaikan ibadah puasa, Mohon maaf lahir dan batin”
Gelap malamMU ku terjaga, karnaMU ku bergerak melangkah menuju mentariMU, kusambut pemberianMU , dengan harapan kudapat keridoanMU, Berharap padi dalam lesung, yang ada cuma rumpun jerami, harapan hati bertatap langsung, cuma terlayang sms ini, Sebelum cahaya padam, Sebelum hidup berakhir, Sebelum pintu tobat tertutup, Sebelum Ramadhan datang, saya mohon maaf lahir dan bathin
Ibarat roda yang terus berputar, tak terasa debu dan kerikil mengotori dan menggoresnya. Begitulah perjalanan hdup kita berbagai kesalahan telah menodainya. Maka di bulan yang suci dan penuh rahmat ini mari kita maksimalkan ibadah kita. Selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan 1440 H.
Jangan Sangka kita sudah puasa, Bila tidak bisa menjaga mata dan teliga, Karena Puasa tidak hanya menahan Haus Lapar, Tetapi menahan semua yang mengurangi dan membatalkanya, Marhaban Ya Ramadhan , Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.
Jika puasa tahun lalu masih ada yang bolong. Maka puasa tahun ini ayo usahakan full. Met puasa buat semuanya., semoga tahun ini lebih baik dari sebelumnya. Aminn..
Jus sawo lezat tiada kira, Apalagi diminum di hari panas, Ramadhan mari kita berpuasa, Karena api neraka dijamin panas, Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT. Amin..
Kesal hati saat bersenda gurau, Memaksa diri untuk tetap bersabar, Mengingat Bulan Penuh Berkah Sudah Ada, Kini tiba kita menunaikan puasa, Untuk Kita semoga berkah selamat menjalankan Ibadah Puasa
Kita akan terbang dalam waktu 30 hari diatas permukaan haus dan lapar,kenakan sabuk puasa,tegakan sandaran sholat,tutup meja dosa didepan Anda dan buka jendela amal.
Kalau hidup tanpa tujuan, Kalau nafsu jadi pedoman, Umur habis dalam pencarian, Kebahagian menjauh dari pandangan, Puasa saatnya benahi tujuan,untuk mengabdi pada Tuhan, agar diri diliputi kebahagiaan, hidup bermakna bagi sesame ciptaan
Marhaban ya ramadhan.. Bulan suci kembali tiba.. Saat tepat menyucikan diri dari segala dosa.. Tanpa basa basi mohon dimaafkan segala kesalahan.
Marhaban ya Ramadhan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
Marhaban ya ramadhan… bulan suci penuh berkah telah tiba. saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-nya. menjauhi keburukan dan memperbanyak ibadah pada-nya. dengan segala kerendahan hati, kami haturkan mohon maaf lahir & batin atas segala salah dan khilaf…. selamat datang bulan suci ramadhan.
Nafaspun menjadi tasbih, tidurpun menjadi ibadah, amal diterima&doa2 dijabah bagi orang yang shaum &rajin membaca Kitab-Nya di bulan ramadhan.
Puasa Ramadhan telah tiba, semua ummat menyambut gembira. Berharap mendapatkan pahala dan ampunan-NYA. Agar kelak dapat masuk syurga.., Amiin..
Ramadhan adalah pembuktian cinta, pada setiap ruang dan waktu yang berpuluh-puluh berlipat ganda, Ketundukan adalah cinta, Kebajikan adalah cinta, Derma adalah cinta, dan menata hidup lebih dewasa adalah cinta. Ramadhan, saat memberi makna istimewa pada cinta kita. Kita telah bersama dalam ukhuwah semoga kelak kita dipertemukan oleh-Nya dalam ukhuwah pula, amin. Maaf untuk semua kesalahan.
Satu tahun tak terasa, Ramadhan pun telah kembali. Semoga yang dilalui dan dilakukan menjadi kebaikan di bulan suci ini. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
Seiring terbenam mentari di akhir Sya'ban, Tibalah kita di bulan Ramadhan, Pesan ini sebagai ganti jabat tangan untuk mohonkan maaf dan kekhilafan. Marhaban Ya Ramadhan.
satu tahun tidak terasa, ramadhan 2019 telah kembali mengunjungi kita, semoga yang dilalui dan dilakukan, menjadikan kebaikan di bulan suci ini, marhaban yaa ramadhan, mohon maaf atas segala kekhilafan.
Selamat datang di pesawat “Ramadhan Air” dengan nomor penerbangan 1440 H dengan tujuan Idul Fitri. Sesuai dengan peraturan Al-Quran, kami menyampaikan informasi penting untuk seluruh penumpang.
Secara fitrah manusia itu bersih dan suci. Kedengkian dan kebencian membuat manusia menjadi kotor. Maka di bulan suci ini, mari kembali kita membersihkan jiwa, agar kita dapat kembali kepada fitrah.
Setetes Embun di Pagi hari Jatuh di atas Bunga Melati Inilah waktunya untuk perbaiki diri Di Bulan yang suci ini Selamat menjalankan Ibadah Puasa, semoga kita semua bisa diberkahi oleh Bulan yang mahrifah ini..Amiin..

Demikianlah yang dapat kami himpun kata kata ucapan selamat menyambut bulan suci ramadhan 1400 Hijriyyah/2019 Masehi lucu, gokil, sedih, menyentuh hati yang bisa anda saling berbagi sesama teman kerabat saudara orang tua pacar, guru atau siapa saja yang erkenan di hati anda semua.

Keutamaan Amalan Bacaan Doa Bulan Malam Nisfu Syaban Lengkap

Keutamaan Amalan Bacaan Doa Bulan Malam Nisfu Syaban Lengkap - Bulan syaban adalah merupakan bulan ke delapan dalam hitungan bulan hijriyah yang mana di dalamnya mengandung peristiwa bersejarah penting bagi umat islam, yakni peristiwa pengalihannya arah qiblat ke masjidil harram yang ada di mekah, setelah sekian waktu umat islam diperintahkan oleh Alloh SWT untuk menghadap ke baitul muqadas sebagai kiblatnya yahudi atas permintaannya kaum yahudi, mereka berkata kami semua akan beriman kepada Alloh dan Rosulnya yaitu Nabi Muhammad SAW asal qiblat di hadapkan ke baitul muqadas.

Namun Alloh SWT Mengetahui atas rekayasa kaum yahudi tersebut, maka Alloh SWT mengalihkan kembali arah qiblat itu ke masjidil harram, sebagai mana termaktub dalam al quran surat al baqarah ayat 144. Selain peristiwa tersebut pada bulan syaban itu adalah diangkatnya amal-amal manusia menuju ke hadirat Allah SWT, tepatnya pada pertengahan bulan syaban atau kata lazimnya adalah malam nisfu syaban dan masih banyak lagi berbagai peristiwa lainnya yang terjadi pada bulan syaban itu.

Dengan adanya penyetoran buku amalan kita itu pada malam nisfu syaban kepada Alloh SWT maka alangkah baiknya kita memperbanyak amalan-amalan seperti sholat hajat, sholat taubat, sholat tasbih, sholat nisfu syaban ( sholat sunnat mutlak) membaca surat yasin, puasa nisfu sya ban, dan amalan yang lainnya serta di akhiri dengan bacaan doa nisfu syaban secara perorangan maupun secara berjamaah dengqan tujuan kita meraih ridho Alloh dan termasuk husnul khotimah ketika amalan kita diangkatnya menuju ke hadirat Allah SWT

Keutamaan Amalan Bacaan Doa Bulan Malam Nisfu Syaban Lengkap

Untuk bacaan teks lafadz doa nisfu syaban akan kami tulis dengan menggunakan tulisan bahasa arab latin dan di lengkapi dengan artinya guna untuk mempermudah dalam penghafalan dan penghayatan arti kandungan makna yang terkandung di dalam doa tersebut

اللَهُمَّ يَا ذَا المَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ.

اللَهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللَّهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِي، وَاكْتُبْنِي عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الحَقُّ فِي كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ "يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ" وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Allâhumma yâ dzal manni wa lâ yumannu ‘alaik, yâ dzal jalâli wal ikrâm, yâ dzat thawli wal in‘âm, lâ ilâha illâ anta zhahral lâjîn wa jâral mustajîrîn wa ma’manal khâ’ifîn.

Allâhumma in kunta katabtanî ‘indaka fî ummil kitâbi syaqiyyan aw mahrûman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullâhumma fî ummil kitâbi syaqâwatî wa hirmânî waqtitâra rizqî, waktubnî ‘indaka sa‘îdan marzûqan muwaffaqan lil khairât. Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fî kitâbikal munzal ‘alâ lisâni nabiyyikal mursal, “yamhullâhu mâ yasyâ’u wa yutsbitu, wa ‘indahû ummul kitâb” wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammad wa alâ âlihî wa shahbihî wa sallama, walhamdu lillâhi rabbil ‘alamîn.

Artinya, “Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut.

Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata–sementara perkataan-Mu adalah benar–di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’ Semoga Allah memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT.”

Untuk tata cara membaca doa nisfu syaban sebagai mana keterangan di bawah ini:

وقد جمع دعاء مأثور مناسب للحال خاص بليلة النصف من شعبان مشهور, يقرأه المسلمون تلك الليلة الميمونة فرادى وجمعا في جوامعهم وغيرها يلقنهم احدهم ذلك الدعاء او يدعو وهم يؤمنون كما هو معلوم . وكيفيته : تقرأ أولا قبل ذلك الدعاء بعد صلاة المغرب سورة يس ثلاثا .

Artinya, “Sungguh telah dikumpulkan doa ma’tsūr yang terkait khusus dengan malam Nisfu Sya‘ban. Doa ini dibaca oleh para muslimin pada malam penuh anugerah secara sendiri-sendiri dan berjamaah. Seorang dari mereka menalqin doa tersebut dan jamaah mengikutinya atau ada juga salah seorang yang berdoa dan jamaahnya mengaminkan saja sebagaimana dimaklum. Caranya, pertama membaca Surat Yasīn 3 kali setalah shalat Maghrib yang diakhiri dengan berdoa.

Rasulullah SAW menyatakan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ad-Dailami, Imam ‘Asakir, dan Al-Baihaqy berikut.

‎خَمْسُ لَيَالٍ لَا تُرَدُّ فِيْهِنَّ الدَّعْوَةُ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبَ وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ وَلَيْلَةُ الجُمْعَةِ وَلَيْلَتَيِ العِيْدَيْنِ

Artinya, “Ada 5 malam di mana doa tidak tertolak pada malam-malam tersebut, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya‘ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha.”

‎مَنْ أَحْيىَ لَيْلَةَ العِيْدَيْنِ وَلَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ لَمْ يَمُتْ قَلْبُهُ يَوْمَ تَمُوْتُ القُلُوْبُ.

Artinya, “Siapa saja yang menghidupkan dua malam hari raya dan malam Nisfu Sya‘ban, niscaya tidaklah akan mati hatinya pada hari di mana pada hari itu semua hati menjadi mati.”

Demikian yang dapat kami buat keutamaan amalan bacaan doa bulan malam nisfu syaban lengkap dengan artinga, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan kita mendapatkan bimbingan taufiq hidayah serta inayah Dari Alloh SWT.

Amalan Doa 1 Muharram Akhir Awal Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah

Doa Akhir Dan Awal Tahun - Di penghujung tahun hijriyah maupun tahun masehi tentunya kita sangat antusias untuk mengadakan penyambutan tahun baru, terutama bagi umat islam dalam penyambutan 1 muharram yang merupakan akhir dan awal tahun hijriyah untuk lebih bermakna mari kita sambut dengan cara ritual keagamaan seperti mengadakan sholat tasbih, sujud syukur dan amalan yang lainnya yang di akhiri dengan bacaan doa akhir dan awal tahun baik secara berjamaah maupun perorangan.

Adapun untuk tata cara penyambutan awal dan akhir tahun sebetulnya yang secara khusus memang itu tidak ada rangkaian acaranya, namun alangkan baiknya kalau pada waktu pergantian bulan akhir dan awal kita isi dengan tasyakur binnakmat artinya mensyukuri segala nikmat yang telah Alloh berikan kepada kita terutama kita di beri nikmat panjang umur walaupun pada hakikatnya umur kita itu berkurang itu perlu kita syukuri.

Nah untuk hadits tentang bacaan doa akhir tahun dan menyambut pergantian awal tahun baru islam maupun tahun masehi akan kami buat lengkap dalam tulisa bahasa arab indonesia latin dan artinya sesuai sunnah nabi, agar supaya mudah untuk di fahami dal dihafalkannya. Semoga dengan di bacakannya doa akhir tahun dan awal tahun kita di berikan keberkahan panjang umur dan selalu mendapatkan bimbingan hidayah taufiq serta inayah Alloh SWT.

Amalan Doa 1 Muharram Akhir Dan Awal Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah

Bacaan Doa Akhir Tahun Arab Latin Dan Artinya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim, Wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa ‘amiltu fi haadzihis-sanati mimmaa nahaitani ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubati wa da’autani ilattaubati minhu ba’da jur’ati alaa ma’siyatika fa inni astaghfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa’adtani ‘alaihits-tsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikram an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha’ rajaai minka yaa karim, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam

Dengan menyebut asma Alloh Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Alloh tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau. Ya Alloh ! Apa yang saya lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang aku melakukannya, kemudian belum bertaubat, padahal Engkau tidak meridloi (merelakannya), tidak melupakannya dan Engkau bersikap lembut kepadaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru aku untuk bertaubat setelah aku melakukan kedurhakaan kepada MU, maka sungguh aku mohon ampun kepada MU, ampunilah aku! Dan apapun yang telah aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridloi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku mohon kepada MU ya Alloh, Dzat Yang Maha Pemurah, Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah persembahanku dan janganlah Engkau putus harapanku dari MU, wahai Dzat Yang Maha Pemurah! Semoga Alloh tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Bacaan Doa Awal Tahun Arab Latin Dan Artinya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ
اَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam

Dengan menyebut asma Alloh Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Alloh tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau. Ya Alloh ! Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan MU yang agung dan kedermawanan MU yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba : kami mohon kepada MU pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada MU dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih!

Untuk dali qur'an atau hadits yang secara spesifik tentang bacaan doa akhir dan tahun tidak ada, namun tidak ada salahnya kita selalu untuk selalu berdoa karena tidak ada larangan bagi siapapun untuk berdoa kapanpun dan di manapun, bahkan dalam hadist menyatakan bahwa Nabi biasa berdoa pada setiap awal bulan.

Dalam hadits hasan riwayat al-Darimi dan al-Tirmidzi dari Tolhah bin Ubaidillah ia berkata:

عَنْ طَلْحَةَ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَأَى الْهِلاَلَ قَالَ: " اَللهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَاْلإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَمِ رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ "

Artinya: Dari Thalhah bin Ubaidillah, bahwa Nabi apabila melihat hilal (bulan pada tanggal 1, 2 dan 3), maka beliau berdoa: “Ya Allah, perlihatlah bulan ini kepada kami dengan kebahagiaan, keimanan, keselamatan dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.

Dan pada hadits lain yang sebagai mana yang di bacakan oleh Kiai Ma’ruf Khozin, pengasuh kajian Aswaja di Majalah AULA riwayat berikut:

ﻋﻦ ﻗﺘﺎﺩﺓ ﺃﻧﻪ ﺑﻠﻐﻪ ﺃﻥ ﻧﺒﻰ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻛﺎﻥ ﺇﺫا ﺭﺃﻯ اﻟﻬﻼﻝ ﻗﺎﻝ: ” ﻫﻼﻝ ﺧﻴﺮ ﻭﺭﺷﺪ ﻫﻼﻝ ﺧﻴﺮ ﻭﺭﺷﺪ ﻫﻼﻝ ﺧﻴﺮ ﻭﺭﺷﺪ ﺁﻣﻨﺖ ﺑﺎﻟﻠﻪ اﻟﺬﻯ ﺧﻠﻘﻚ ﺛﻼﺙ ﻣﺮاﺕ ﺛﻢ ﻳﻘﻮﻝ اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ اﻟﺬﻯ ﺫﻫﺐ ﺑﺸﻬﺮ ﻛﺬا ﻭﺟﺎء ﺑﺸﻬﺮ ﻛﺬا “.

Dari Qatadah bahwa jika Nabi Saw. melihat hilal beliau berdoa: “Jadikanlah bulan yang baik dan petunjuk 3x. Aku beriman kepada Allah yang menciptakanmu 3x. Segala puji bagi Allah yang telah membawa bulan lalu dan mendatangkan bulan baru” (HR Abu Dawud).

ﺗﻌﻘﻴﺐ: ﻗﺎﻝ ﻋﺒﺪ اﻟﻘﺎﺩﺭ اﻷﺭﻧﺎﺅﻭﻁ 1 / 160: ﻭﻟﻪ ﺷﻮاﻫﺪ ﻣﺮﺳﻠﺔ ﻭﻣﻮﺻﻮﻟﺔ ﻳﻘﻮﻯ ﺑﻬﺎ، ﻣﻨﻬﺎ اﻟﺬﻯ ﺑﻌﺪﻩ ﻭﻓﻰ اﻟﺒﺎﺏ ﻋﻦ ﻋﻠﻰ ﻭﻋﺒﺎﺩﺓ ﺑﻦ اﻟﺼﺎﻣﺖ ﻭﺭاﻓﻊ ﺑﻦ ﺧﺪﻳﺞ ﻭﻋﺎﺋﺸﺔ ﻭﻏﻴﺮﻫﻢ.

Selain itu, Kiai Ma’ruf Khozin dalam Facebook-nya menyertai catatan Abd Qadir al-Arnauth dalam Hamisy Radlatul Muhadditsin yang mengatakan bahwa hadis di atas memiliki banyak hadis penguat, baik mursal atau maushul, yang menguatkan sanadnya. Di antaranya riwayat sesudahnya dari Ali, Ubadah bin Shamit, Rafi’ bin Khudaij, Aisyah dan sebagainya.”

Demikian yang dapat kami tulis amalan doa 1 muharram akhir dan awal tahun baru islam 1440 Hijriyah bisa juga di baca pada pergantian tahun masehi seperti 2019 dan seterusnya, semoga dengan adanuya bacaan doa akhir dan awal tahun ini kita diberikan keberkahan dalam menjalani kehidupan pada tahun itu.

Amalan Bacaan Doa Bulan Rajab Dan Syaban Sesuai Sunnah Lengkap

Dalil Hukum Keutamaan Amalan Doa Bulan Rajab Dan Syaban Lengkap - Doa bulan rajab termasuk bacaan doa yang sangat di anjurkan oleh Baginda Nabi kita Muhammad SAW, yang di bacakannya mulai masuk awal bulan,karena bulan rajab itu termasuk salah satu bulan yang dimuliakan oleh Alloh SWT. bulan berkah bulan yang didalamnya mengandung peristiwa besar bersejarah yang merupakan mukjijat kepada Nabi akhir jaman yang tidak di berikan kepada Nabi-nabi sebelumnya.

Untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Alloh maka kita sebagai hambanya di harapkan untuk lebih memperbanyak amalan-amalan seperti memohon keberkahan dengan bacaan doa yang biasa kita baca pada bulan rajab, juga melaksanakan puasa dan memperbanyak dzikir dan amalan yang lainnya supaya kita mendapatkan keberkaha pada bulan rajab ini.

Nah untuk itu perbanyaklah berdoa kepada Alloh agar kita semua mendapatkan keberkahan seperti makna yang terkandung dalam doa bulan rajab adalah intinya kita memohon keberkahan di bulan rajab dan sya'ban dan sampaikanlah usia kita pada bulan ramadhan, untuk lebih jelasnya doa bulan rajab akan kami mtulis dengan menggunakan tulisan bahasa arab latin dan di lengkapi dengan artinya guna untuk mempermudah pengkajian kita dalam pemahamannya seprti di bawah ini:

Dalil Hukum Keutamaan Amalan Doa Bulan Rajab Dan Syaban Lengkap

Rasulullah mencontohkan, saat memasuki bulan Rajab beliau membaca:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ

“Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

Dalil Keutamaan Bacan Doa Bulan Rajab

مَا يُطْلَبُ فِيْ رَجَبَ الْحَرَامِ الْمُكَرَّمِ
اِعْلَمْ أَنَّ رَجَبًا شَهْرٌ فَضِيْلٌ، وَالْعِبَادَةُ فِيْهِ لَهَا أَجْرٌ جَلِيْلٌ، خُصُوْصًا اَلصَّوْمَ فِيْهِ وَالْاِسْتِغْفَارَ، وَالتَّوْبَةَ مِنَ الْأَوْزَارِ، وَفِيْ أَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْهُ يُسْتَجَابُ الدُّعَاءُ فَيُسْتَحَبُّ،

Perkara yang dianjurkan dalam bulan Rojab
Ketahuilah, bahwasanya Rojab adalah bulan yang utama. Ibadah didalam bulan Rojab mempunyai nilai pahala yang agung khususnya berpuasa, beristighfar, bertaubat dari dosa-dosa. Pada awal bulan Rojab doa mustajab, maka disunnahkan berdoa.

قَالَ صَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «خَمْسُ لَيَالٍ لَا يُرَدُّ فِيْهِنَّ الدُّعَاءُ؛ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ، وَلَيْلَةُ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةُ الْفِطْرِ، وَلَيْلَةُ النَّحْرِ» أَخْرَجَهُ السُّيُوْطِيُّ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى فِي الْجَامِعِ، عَنِ ابْنِ عَسَاكِرَ، عَنْ أَبِيْ أُمَامَةَ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ada lima malam doa di dalamnya tidak ditolak, yaitu: malam pertama bulan Rojab, malam Nishfu Sya’ban, malam Jumat, malam Iedul Fitri, dan malam Iedul Adha. Hadits tsb diriwayatkan oleh Imam Suyuthi dalam Kitab al jami'uhshoghier dari Imam Ibn Asaakir dari shahabat Abu Umamah radhiyallaahu ‘anhu.

Demikianlan yang dapat kami sajikan dalil hukum keutamaan amalan doa bulan rajab dan syaban lengkap artinya, semoga dengan adanya artikel kami ini dapat bermanfaat
bagi kita semua terutama untuk yang masih dalam tahap pembelajaran bisa lebih sungguh-sunggu dalam penghayatannya.

Hukum Dalil Keutamaan Niat Doa Buka Puasa Sunnah 1 Rajab 2019

Hukum Dalil Keutamaan Niat Doa Buka Puasa Sunnah 1 Rajab 2019 - Tentunya kita sebagai umat islam yang memiliki keimana yang kuat sudah sangat menanti kedatangannya bulan rajab, karena bulan rajab adalah merupakan salah satu bulan yang di muliakan oleh Alloh SWT, dan memiliki banyak keutamaan amal-amalan dan manfaat bagi kita serta bulan rajab itu memiliki sejarah penting bagi umat islam yaitu atas adanya peristiwa isra' dan mi'rajnya Nabi kita Muhammad SAW.

Tentunya kejadian ini adalah merupakan khowarik liladat, karena ini adalah merupakan mu'jizat dari Alloh SWT, makanya setelah isra' mi'raj manusia dalam menyikapi mas'alah tersebut terbagi tiga golongan diantaranya: pertama yang langsung percaya(iman), kedua tidak percaya(inkar) dan yang ketiga percaya tidak percaya.

Nah bagi kita yang mengakui sebagai umat Nabi Muhammad SAW wajib mempercayainya supaya kita di akui sebagai umatnya dan nanti kita mendapatkan syafa'atdariNYA. pada bulan rajab kita di sunnahkan untuk melaksanakan puasa puasa rajab di hari pertama 2, 3, dan seterusnya serta kita mengharapkan ridho Alloh SWT.

Hukum Dalil Keutamaan Niat Doa Buka Puasa Sunnah 1 Rajab 2019

Maka untuk itu kami disini akan berbagi bacaan lafadz niat dan doa buka puasa sunnah rajab dalam bahasa arab, latin serta di lengkapi dengan artinya seperti yang akan kami tulis di bawah ini:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta'ala.

Bacaan Doa Buka Puasa arab Latin Dan Artinya

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Latinnya : “Allaahummalakasumtu, Wabika Aamantu, Wa'alaa Rizqika Afthortu, Birohmatika, Yaa Arhamar Roohimiin.”

Artinya : “Ya Allah karana-Mu aku puasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka puasa, dengan rahmat-MU, Ya Allah, Tuhan Maha Pengasih.”

DALIL-DALIL KEMULIAAN BULAN RAJAB

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شهْراً فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.- QS At-Taubah 9:36

Yang dimaksud empat bulan haram (mulia) adalah Rajab, Dzul Qo'dah, Dzul Hijjah, Muharram. Berdasarkan hadits riwayat Bukhari dan Muslim (muttafaq alaih) Nabi bersabda:

السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا , مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ , ثَلاثٌ مُتَوَالِيَاتٌ : ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ , وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

Artinya: Tahun itu ada 12 bulan. Yang empat adalah bulan mulia (haram) yaitu Dzul Qo'dah, Dzul HIjjah, Muharram dan Rajab.

Dasar Hukum dan Dalil Puasa Rajab:
 Sebagai mana pernah ditanyakan oleh Utsman bin Hakim kepada Sa’id Ibnu Jubair. Perbincangan kedua orang ini di abadikan oleh Imam Muslim bin Hajaj dalam kitab Shahih-nya.

حدثنا عثمان بن حكيم الأنصاري، قال: سألت سعيد بن جبير عن صوم رجب ونحن يومئذ في رجب، فقال: سمعت ابن عباس رضي الله عنهما يقول: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصوم حتى نقول لا يفطر، ويفطر حتى نقول لا يصوم

Artinya, "Utsman bin Hakim al-Anshari berkata, ‘Saya pernah bertanya kepada Sa’id Ibnu Jubair terkait puasa Rajab dan kami pada waktu itu berada di bulan Rajab. Said menjawab, ‘Saya mendengar Ibnu ‘Abbas berkata bahwa Rasulullah SAW berpuasa (berturut-turut) hingga kami menduga Beliau SAW selalu berpuasa, dan Beliau tidak puasa (berturut-turut) sampai kami menduga Beliau tidak puasa,’” (HR Muslim).

Dengan adanya jawaban Sa’id Ibnu Jubair saat ditanya hukum puasa Rajab, Imam An-Nawawi dalam Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim juga berpendapat sebagai berikut.

الظاهر أن مراد سعيد بن جبير بهذا الاستدلال أنه لانهى عنه ولا ندب فيه لعينه بل له حكم باقي الشهور ولم يثبت في صوم رجب نهي ولا ندب لعينه ولكن أصل الصوم مندوب إليه وفي سنن أبي دود أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ندب إلى الصوم من الأشهر الحرم ورجب أحدها

Artinya, “Istidlal yang dilakukan Sa’id Ibnu Jubair menunjukan tidak ada larangan dan kesunahan khusus puasa di bulan Rajab. Hukumnya disamakan dengan puasa di bulan lainnya, sebab tidak ada larangan dan kesunahan khusus terkait puasa Rajab. Akan tetapi hukum asal puasa adalah sunah. Di dalam Sunan Abu Dawud disebutkan Rasulullah SAW menganjurkan puasa di bulan haram (bulan-bulan terhormat). Sementara Rajab termasuk bulan haram.”

Berdasarkan hadis di atas jelaslah bahwa hukum puasa rajab itu adalah sunnah, makanya kita sebagai umat islam laksanakanlah puasa di hari pertama dan seterusnya se kemampuan kita bahkan ada sebahagian umat islam yang bmelaksanakan puasa rajab itu sebulan mpenuh dan di lanjutkan pada bulan sya'ban dan ramadhannya tidak pernah batal.

Mungkin itulah yang dapat kami sampaikan mengenai bacaan lafadz niat puasa rajab, dan untuk bacaan doa buka puasa rajab sama dengan doa buka puasa yang seperti puasa ganti, namun bukan hanya itu saja yang dapat kami sajikan masih banyak lagi seperti niat mandi wajib, niat puasa senin kamis, niat puasa syaban, dan yang lainnya. Sekian dari kami mohon maaf atas segala kekurangannya karena kami manusia biasa.

Bacaan Doa Qunut Nazilah Pendek Subuh Latin Untuk Imam Artinya

Bacaan Doa Qunut Nazilah Pendek Subuh Latin Untuk Imam Artinya - Membaca doa qunut dalam sholat shubuh wajib atau sunnah juga dalam sholat tarawih nazilah, maka untuk itu kami disini akan sedikit memberikan pengertian tentang manfaat dan sejarah juga kumpulan teks tulisan macam-macam bacaan lafadz doa qunut sendirian atau ketika menjadi imam sesuai sunnah panjang pendek yang benar lengkap dengan artinya dan tata cara pengganti doa qunut bila mana kita lupa untuk membacanya.

Doa qunut adalah merupakan amalan sunat yang dibacakan dalam sholat waktu i'tidal rakaat terakhir terutama pada sholat subuh karena dalam melaksanakan sholat itu ada yang sifatnya wajib seperti melaksanakan rukun yang 17 ada yang sifatnya sunat seperti membaca doa iftitah baca surat-surat pendek, membaca tasbih ketika ruku dan sujud, baca doa qunut dan masih banyak lagi yang lainnya.

Begitu juga ada yang sifatnya mubah seperti membaca doa iftitah setelah terdahului dengan kalimat yang lainnya bahkan ada juga yang sifatnya haram seperti memdahului Imam dalam rukun pa'li (pekerjaan) misalkan mendahului imam dalam ruku, i'tidal, sujud tapi kalau terus menerus mendahuluinya lebih dua kali itu sholatnya batal bagi si ma'mum.

Bacaan Doa Qunut Nazilah Pendek Subuh Latin Untuk Imam Artinya

Nah disini kami akan menjelaskan hukum membaca doa qunut dan sekaligus memberikan teks lafadz doa qunut sholat subuh, adapun kedudukan membaca doa qunut itu hukum sunat ab'ad yang bila mana tidak dilaksanakan nantinya harus di ganti dengan melaksanakan sujud sahwi begitu juga dalam sholat witir setengah bulan terakhir pada bulan ramadhan.

DASAR HUKUMNYA MEMBACA DOA QUNUT

Kedudukan hukum membaca doa qunut pada raka’at kedua shalat Shubuh. Menurut pengikut Imam Abu Hanifah dan Imam Ahmad hukumnya tidak disunnahkan dengan dalil hadits Nabi SAW bahwa beliau pernah melakukan qunut pada saat shalat Fajar selama sebulan sebagaiman diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud:

رَوَى ابنُ مَسْعُوْدٍ: أَنَّهُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَنَتَ فِيْ صَلاَةِ الفَجْرِ شَهْراً ثُمَّ تَرَكَهُ

Artinya:Diriwayatkan oleh Ibn Mas’ud: Bahwa Nabi SAW telah melakukan doa qunut selama satu bulan untuk mendoakan atas orang-orang Arab yang masih hidup, kemudian Nabi SAW meninggalkannya.” (HR. Muslim)

Namun menurut pengikut Imam Malik (Malikiyyah) doa qunut shalat Shubuh hukumnya sunnah namun disyaratkan harus di baca pelan saja (sirr).

Begitu juga menurut Syafi’iyyah hukumnya sunnah ab’adl (kalau lupa tertinggal disunatkan sujud sahwi).

Hadith sahih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad,Daruqutni dan Baihaqi dari
Sahabat Anas bin Malik sebagai berikut:

ما زال رسول الله يقنت في صلاة الفجر حتى فارق الحياة

Artinya: RasuluLlah selalu berqunut pada shalat subuh ssampai beliau wafat.

Imam Nawawi menerangkan dalam kitab Majmu’nya:

مَذْهَبُنَا أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ القَُنُوْتُ فِيْهَا سَوَاءٌ نَزَلَتْ نَازِلَةٌ أَمْ لَمْ تَنْزِلْ وَبِهَذَا قَالَ أَكْثَرُ السَّلَفِ

Atinya Dalam Madzhab kita (madzhab Syafi’i) disunnahkan membaca qunut dalam shalat Shubuh, baik karena ada mushibah maupun tidak. Inilah pendapat mayoritas ulma’ salaf. (al-Majmu’, juz 1 : 504)

Ada juga membaca doa qunut itu yang hukum sunat biasa saja seperti membaca doa qunut nazilah ketika sedang ada balai/ musibah yang menimpa pada sesama muslim dimana saja, misalkan orang muslim yang ada di palestina atau rohingia yang mana mereka itu sedang mendapatkan ancaman orang kafir, kita sama-sama doakan khususnya dalam sholat, sholat apa saja dengan nama qunut nazilah.

Hadits sunnahnya Qunut nazilah apabila tertimpa musibah atau bencana:

أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يقنت في الفجر والظهر والعصر والمغرب والعشاء

Artinya: Bahwasanya Nabi Muhammad melakukan qunut (nazilah) pada saat shalat subuh, dhuhur (dzuhur), ashar, maghrib, dan isya' (HR Ahmad)

Inilah Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Arab Latin Dan Artinya:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ
وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْت
وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ
وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ
وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ،
فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ
وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ
وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ
فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ
وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan Doa Qunut Dengan Tulisan Latin
Allah hummah dinii fiiman hadait.
Wa'aa finii fiiman 'aafait.
Watawallanii fiiman tawal-laiit.
Wabaariklii fiimaa a'thait.
Waqinii syarramaa qadhait.
Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik.
Wainnahu laayadzilu man walait.
Walaa ya'izzu man 'aadait.
Tabaa rakta rabbanaa wata'aalait.
Falakalhamdu 'alaa maaqadhait.
Astaghfiruka wa'atuubu ilaik.
Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi Wasallam.

Artinya/Terjemaahannya
Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan
Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan
Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan
Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan
Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan
Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum
Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin
Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya
Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau
Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan
Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau
(Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Bacaan Doa Qunut Nazilah.
Sebetulnya dalam teks lafadz doa qunut naziloah itu tidak ada bacaan yang ditentukan namun itu mengikuti pada situasi dan kondisinya saja misalkan kita mau memdoaka orang muslim yang ada di palestina atau di nrohingia bisa dengan bacaan seperti di bawah ini:

اللهم أَعِزَّ الإسلامَ و المسلمين , اللهم أَذِلََّ الشِركَ و المُشرِكِين , أللهم انْصُرْ اخوانَنَا المسلمين و المجاهدين و المُسْتَضْعَفِين , فى فلسطين و فى لُبْنَان و فى العراق وفى كل مكان و فى كل زمان
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ
اَللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلَ الْكِتَابِ الَّذِيْنَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيْلِكَ وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَائَك

Artinya :
Ya Allah! Muliakan Islam dan orang islam. Ya Allah! Hinakan Syirik dan musyrikin. Ya Allah! Tolonglah saudara-saudara kami yang muslim dan mujahidin dan golongan-golongan lemah, di Palestine, di Lubnan, di Iraq dan di semua tempat dan di semua masa.

Ya Allah ! Ampunilah kami, kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Persatukanlah hati mereka. Perbaikilah hubungan di antara mereka dan menangkanlah mereka atas musuh-Mu dan musuh mereka”.

Ya Allah! Laknatlah orang-orang kafir ahli kitab (yahudi dan nashrani) yang senantiasa menghalangi jalan-Mu, mendustakan rasul-rasul-Mu, dan memerangi wali-wali-Mu.

Demikian yang dapat kami sampaikan bacaan qunut sholat subuh, nazilah dalam tulisa bahasa arab latin lengkap dengan artinya, numun bukan hanya itu saja yang dapat kami sajikan masih banyak lagi seperti doa sebelum makan, bangun tidur, doa sholat tahajud, sholat dhuha dan yang lainnya kami sediakan disini. Semoga dengan adanya artikel kami ini dapa bermanfaat bagi kita semua.