Waktu Dan Tata Cara Niat Serta Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Jodoh Rizki Yang Mustajab

Advertisement
Advertisement
Waktu Dan Tata Cara Niat Serta Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat - Setiap manusia dalam menjalani kehidupannya di dunia ini sudah pasti memiliki banyak kebutuhan yang kita harapkan, baik kebutuhan sandang, papan, dan pangan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut solusi yang paling efektif kita berdoalah kepada Allloh swt atau dengan cara melaksanakan sholat hajat karena arti sholat secara bahasa adalah doa.

Dengan melaksanakan sholat hajat Insya Alloh, Alloh SWT akan memberikan jalan keluarnya memberikan rizqi yang banyak, halal dan berkah. Karena Alloh SWT maha pemberi dan kasih sayang kepada hambanya asalkan kita benar-benar merasa kebutuhannya dan sambil mendekatkan diri kepada Alloh SWT siang maupun malamnya, bahkan setiap kali kita punya keinginan maka berwudhulah dan terus melaksanakan shalat dua rakaat.

Sholat hajat yang harus kita laksanakan minimal 2 rakaat maksimal 12 rakaat dengan setiap dua rakaat satu salam kalau dilaksanakan pada malam hari, namun jika dilaksanakan pada siang hari boleh setiap 4 rakaat di satu salamkan. jadi intinya sholat hajat bisa dilaksanakan pada siang hari ataupun malam hari, namun kalau melihat keutamaan waktu adalah pada malam hari karena pada waktu malam ada yang di namakan sa'atul ijabah dari mulai sepertiga mala terakhir sampai terbitnya fajar shidiq (fajar yang benar).

Waktu Dan Tata Cara Niat Serta Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat

Sholat hajat dilaksanakan secara perorangan tidak berjamaah dengan penuh keikhlasan, insya Alloh fadilah, manfaat dan hikmah serta rahasia yang terkandung dalam sholat hajat akan kita dapatkan, sebagai mana Rosul bersabda; Barangsiapa yang mempunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak-cucu adam, maka wudhulah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian shalat dua rakaat (shalat hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan salawat kepada Nabi saw Setelah itu, mengucapkan Laa illah illallohul haliimul kariimu, subhaana.... (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Berikut ini adalah tata cara niat dan bacaan doa setelah sholat hajat yang benar lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya seperti di bawah ini:

1. Niat Shalat Hajat:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى


Ushallii sunnatal haajati rak’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku berniat shalat hajat sunah hajat dua rakaat karena Allah SWT Ta’ala.”

Cara Shalat Hajat Pertama

a. Membaca do’a iftitah
b. Membaca surat Al-Fatihah
c. Membaca salah satu surat didalam Al-Qur’an. Afdhalnya rokaat pertama membaca surat Al-Ikhlas dan rokaat kedua membaca ayat kursi (Surat Al-Baqarah : 255)
d. Ruku’ dengan membaca Tasbih tiga kali
e. I’tidal dengan membaca bacaannya
f. Sujud dengan membaca Tasbih 3 kali
g.Duduk diantara dua sujud dengan membaca bacaannya
h.Sujud dengan membaca Tasbih 3 kali
i. Setelah rokaat pertama, lakakuan rokaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian tasyahud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali.

2. Setelah selesai shalat hajat, lalu membaca istigfar. Dalam kitab Tajul Jamil lil ushul, dianjurkan setelah shalat hajat membaca istigfar 100x, seperti kalimat istigfar yang biasa atau sebagai berikut:

Astagfirullaha rabbi min kulli dzanbin wa atuubu ilaiih.

Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Tuhanku, dari dosa-dosa, dan aku bertaubat kepada-Mu”

3. Selesai Membaca Istighfar Lalu Membaca Shalawat Nabi 100x,

4. Membaca Doa Setelah sholat hajat seperti di bawah ini:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضَا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ


Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya :Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.

Demikian yang dapat kami sampaikan Tata cara niat, bacaan doa dan waktu sholat hajat yang benar, begitu juga kami telah menyajikan tata cara shalat istikharah, sholat tahajud dan doanya, sholat idul fitri sholat dhuha, sholat taubat dan masih banyak lagi yang lainnya, semoga dengan adanya artikel kami ini ada manfaatnya bagi kita semua dan kita bisa melaksanakannya dengan baik.

Advertisement