Tata Cara Niat Doa Setelah Sholat Tahajud Witir Dan Bacaanya

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Niat Doa Setelah Sholat Tahajud Witir Dan Bacaanya- Sholat tahajud adalah sholat yang di kerjakannya pada malam hari selepas tidur, walaupun tidurnya hanya sebentar. Jadi kalau sholat tahajud di laksanakan sebelum tidur itu namanya bukan sholat tahajud, tapi kalau tetap kita ingin melaksanakan sholat pada malam hari sebelum tidur paling namanya sholat sunnah mutlaq, sholat hajat, sholat taubat, sholat tasbih, sholat witir, sholat awabin, sholat istikharah dan yang lainnya.

Adapun waktu sholat tahajud itu ada yang utama dan ada juga yang paling utama, karena waktu malam dalam melaksakan sholat tahajud terbagi tiga, Pertama, waktu utama, yaitu sepertiga malam pertama (setelah isya sampai pukul 22.00). Kedua, waktu lebih utama, yaitu dilaksanakan pada waktu sepertiga malam kedua (pukul 22.00 sampai 01.00). Dan yang ketiga, waktu paling utama, yaitu sepertiga malam terakhir (pukul 01.00 terbit fajar yang benar) menjelang waktu Shibuh.

Dengan melaksanakan sholat sunnah tahajud maka banyak manfaat, fadhilah, keutamaan dan hikmah serta keistimewaan yang akan kita dapatkan untuk mencapai kebahagiaan dunia maupun akherat. Maka dengan itu kita rajinlah melaksanakan sholat tahajud dengan tata cara yang benar sesuai ajaran Rosululloh SAW supaya kita selamanya dalam menjalani kehidupan ini mendapatkan bimbingan taufiq serta hidayah dari Alloh SWT.

Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Sebagai mana keterangan dari Abu Muslim berkata kepada Abu Dzar, "Pada waktu manakah yang lebih utama kita mengerjakan sholat malam?" Abu Dzar menjawab, "Aku telah bertanya kepada Rasulullah Saw. Sebagaimana engkau tanyakan kepadaku ini." Rasulullah Saw. bersabda, "Perut malam yang masih tinggal adalah sepertiga yang terakhir. Sayang sedikit sekali orang yang melaksanakannya" (HR Ahmad).

Dan juga dalam hadist yang lain Rasulullah Saw. bersabda, "Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat (waktu). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan di dunia maupun di akhirat kepada Allah SWT., niscaya Allah SWT. akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam" (HR Muslim).

Nah untuk itu barangkali kita ingin melaksanakan sholat tahajud yang benar sesuai dengan ketentuan yang telah Rosululloh SAW karjakan dengan jumlah rakaat minimal 2 rakaat maksimal 12 rakaat dengan setiap 2 rakaat satu salam dan dilaksanakan secara perorangan tidak di berjamaahkan, maka kami di sini akan menyajika Tata cara niat dan bacaan doa setelah sholat tahajud dalam bahasa arab latin lengkap dengan artinya sebagai berikut ini:

Lafadh niat sholat tahajud arab latin dan artinya adalah sebagai berikut:

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ


"Ushalli sunnatat-tahajjudi rak'ataini lillahi ta'aala".
Artinya:Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala.

1. Membaca doa niat shalat tahajud di dalam hati bersamaan dengan Takbiratul Ihram
2. Membaca doa Iftitah
3. Membaca surat doa Al-Fatihah
4. Membaca surat yang terdapat dalam Al-Qur'an yaitu di rakaat pertama membaca surat Al-Kafirun dan di rakaat kedua membaca surat Al-Ikhlas.
5. Ruku sambil membaca tasbih tiga kali
6. I'tidal sambil membaca bacaannya
7. Sujud pertama dan membaca Tasbih tiga kali
8. Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaannya
9. Sujud yang kedua dan membaca tasbih tiga kali.
10. Setelah di rakaat pertama, untuk rakaat kedua sebagaimana cara rakaat pertama saja, kemudian Tasyahhud akhir sampai membaca salam dua kali.

Setelah selesai semuanya kita baca doa sholat tahajudnya namun sebelum berdoa alangkah baiknya kita membaca Istigfar, Tasbih, Tahmid, dan membaca Shalawat atas Nabi untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Inilah bacaan doa setelah sholat tahajud arab latin dan artinya sebagai berikut:


اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ


ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya : “Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Demikian yang dapat kami sampaikan Tata cara niat dan bacaan doa setelah sholat tahajud lengkap dalam bahasa arab latin dan artinya yang benar sesuai dengan ajaran Rosululloh SAW, begitu juga kami sajikan pada berikutnya keajaiban sholat tahajud, berapa rakaat sholat tahajud, cara sholat tahajud dan witir, kaya dan bahagia dengan tahajud, macam-macam shalat malam, tata cara sholat tahajud 4 rakaat, shalat witir, waktu sholat tahajud tata cara sholat dhuha, bacaan doa sholat dhuha, sholat hajat, sholat tasbih, sholat taubat, sholat istikharah, sholat awabin, sholat witir dan mash banyak lagi yang lainnya, semoga dengan adanya artikel ini ada manfaatnya bagi kita semua sebagai umat Islam,

Advertisement