Bacaan Niat Dan Tata Cara Takbir Sholat Idul Fitri Lengkap Artinya

Bacaan Niat Dan Tata Cara Takbir Sholat Idul Fitri Lengkap Artinya - Disini kami sebagai Admin dari situs portaldakwah.com akan berbagi tentang Video sholat idul fitri, pengertian shalat idul fitri, doa setelah sholat idul fitri, niat shalat idul fitri dan idul adha beserta artinya, bacaan takbir, karena ii menurus kami sangat lah penting bagi umat islam dalam rangka mengisi ritual keagamaan di hari raya idul fitri.

Setelah kita selesai melaksanakan ibadah puasa sebulan lamanya tentunya kita merayakan hari raya idul fitri, dimana yang namanya idul fitri tentunya kita di pagi hari tanggal satu syawwal diadakan kegiatan keagamaan melaksanakan sholat sunnat idul fitri dengan dilaksanakan secara umum sehingga laki-laki dan peremupan juga sama sama melaksanakannya, di tempat-tempat yang telah di tentukan baik di mesjid, mushola bahkan sampai dilapangan juga bisa dilaksanakan bila mana tempat tersebut telah tidak bisa menampung jamaah.

Sholat Idul fitri di laksanakan tepatnya pada hari raya idul fitri diwaktu pagi hari setelah terbitnya mata hari sekitar pukul 6.30 dengan cara sunat di berjamaahkan baik laki laki maupun perempuan secara serentak dan kompak di masjid-masjid, mushola ataupun di tempat lainnya bahkan ada juga yang melaksanakan sholat sunat idul fitri di lapangan terbuka.

Bacaan Niat Dan Tata Cara Takbir Sholat Idul Fitri Lengkap Artinya

Sholat sunat idul fitri boleh saja di laksanakan secara munparid atau perorangan namun kalau di laksanakan secara perorangan tidak usah pakai khutbah setelah melasanakan sholat sunat tersebut, Namun sholat idul fitri di laksanakan setahun cuman satu kali tentunya di antara kita ada yang lupa lagi tata cara pelaksanan dan bacaan niat sholat idul fitri itu serta bacaan takbirannya.

Maka untuk itu kami di sini akan berbagi ilmu tentang tata cara sholat idul fitri dan bacaan lafadz niatnya serta bacan tasbih pada waktu sholat lengkap dalam tulisan arab latin dan artinya guna untuk membantu saudara- saudara kami di manapun berada yang masih belum faham atau karena mungkin lupa lagi seperti yang akan kami tulis secara jelas.

Sholat idul firti sebanyak dua rakaat dan pada rakaat pertama dengan bacaan takbir sebelum membaca surat fatihah sebanyak 7 kali dengan bacaan tasbih di antara bacaan-bacaan takbir sedangkan pada rakaat ke dua membaca takbir sebanyak 5 kali dengan bacaan tasbih dan setelah itu membaca surat fatihah sama halnya seperti sholat-sholat biasa sampai pada akhir bacaan salam, untuk lebih jelas dan rinci seperti di bawah ini:

1. Membaca niat sholat idul fitri seperti lafadz:
Niat Sholat Sunah Idul Fitri sebagai Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL FITHRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya :Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

Niat Sholat Sunah Hari Raya Idul Fitri sebagai Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL FITHRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya :Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

2. membaca takbirotul ihram dengan bacaan Allohu Akbar dan takbir yang 7 kali pada raaat pertama.
3. Membaca tasbih di antara bacan takbir dengan bacaan,

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

SUBHANALLAH WAL HAMDULILLAH WA LAA ILAHA ILLALLAH WALLAHU AKBAR.

Artinya :Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah.

4. Membaca surat fatihah
5. Setelah membaca surat fatihah, kemudian sunat membaca surat-surat pendek serta melakukan gerakan-gerakan sholat seperti biasa (ruku, i’tidal, sujud, dst).
6. Bertakbir ketika bangkit untuk mengerjakan raka’at kedua dan membaca takbir (takbir zawa-id/tambahan) sebanyak lima kali takbir -selain takbir bangkit dari sujud- sebelum memulai membaca Al Fatihah.
7.Kemudian membaca surat Al Fatihah dan surat lainnya sebagaimana yang telah disebutkan di atas.
8. Mengerjakan gerakan lainnya seperti sholat biasa hingga membaca salam.

Demikianlah yang dapat kami sajikan dalam artikel ini ntentang tata cara sholat idul fitri dan bacaan niat serta tasbih dan tabir dalam tulisan arab latin lengkap dengan artinya, begitu juga kami sajikan tata cara sholat tasbih semoga dengan adanya artikel kami ini dapat bermanfaat bagi kita semua sesama umat islam di mana pun berada.